Tottenham Hotspur Menang Dramatis Atas Burnley

CNN Indonesia | Minggu, 16/12/2018 00:01 WIB
Tottenham Hotspur Menang Dramatis Atas Burnley Satu-satunya gol Christian Eriksen menangkan Tottenham Hotspur atas Burnley. (Reuters/Andrew Couldridge)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tottenham Hotspur menang dramatis atas Burnley 1-0 pada laga kandang mereka di pekan ke-17 Liga Inggris 2018/2019 di Stadion Wembley, Sabtu (15/12).

Satu-satunya gol The Lilywhites dicetak Christian Eriksen pada satu menit tambahan waktu babak kedua memanfaatkan assist dari Harry Kane. Eriksen masuk mengantikan Lucas Moura pada menit ke-65

Tampil dominan, skuat besutan Mauricio Pochetino tampak kesulitan menembus pertahanan tim tamu yang menumpuk pemain mereka di belakang dan tengah dengan formasi 5-4-1.


Burnley banyak melakukan serangan balik menghadapi permainan dominan Tottenham. Dengan strategi itu, tim tamu mampu membuat sejumlah ancaman ke gawang Hugo Lloris.

Tottenham Hotspur sempat kesulitan menembus pertahanan Burnley. (Tottenham Hotspur sempat kesulitan menembus pertahanan Burnley. (Reuters/Andrew Couldridge)
Salah satunya pada menit ke-15, Burnley menciptakan peluang emas melalui sepak pojok Robbies Brady. Namun, Ben Mee gagal memanfaatkan umpan tersebut lantaran kontrol bola yang buruk dan hanya menghasilkan tendangan gawang untuk Tottenham.

Pada menit ke-25, Harry Kane dijatuhkan James Tarkowski di dalam kotak penalti. Namun, wasit tak menganggap itu sebagai pelanggaran dan tidak memberikan penalti.

Para pemain tuan rumah pun sempat protes denfgan keputusan wasit Graham Scott yang tak menganggap sebagai penalti.

Tottenham nyaris mencetak gol pada menit ke-32 melalui serangan balik cepat dari pergerakan Moussa Sissoko dari sisi kiri menuju ke Erik Lamela dan sempat mengontrol bola dengan baik. Namun saat mencoba melepaskan tembakan, ia keburu diblok kiper Burnley Joe Hart yang bermain apik pada laga itu.

Hanya berselang empat menit kemudian, Tottenham kembali menciptakan peluang emas berawal dari umpan silang Kane. Namun, bola gagal disambar tandukan Dele Alli hanya beberapa sentimeter.

Di pengujung babak pertama, giliran Burnley yang nyaris mencetak gol. Bardsley melepaskan umpan silang dari sisi kanan ke dalam kotak penalti yang disambut sundulan Ashley Barnes. Namun, tandukannya hanya melambung tipis di atas mistar gawang.

Laga babak pertama berakhir tanpa gol. Di babak kedua, The Lilywhites kembali melanjutkan dominasi permainan atas Burnsley. Namun lagi-lagi mereka kesulitan mencetak gol dan hanya melahirkan peluang.

Salah satu peluang emas Tottenham tercipta pada menit ke-75. Lagi-lagi Joe Hart kembali melakukan penyelamatan gemilang menepis tendangan kaki kiri Lamela memanfaatkan umpan silang dari Danny Rose di sisi kiri.

Tottenham kembali nyaris mencetak gol pada menit ke-85. Tendangan Son Heung-min di dalam kotak penalti melenceng tipis di sisi kanan gawang Joe Hart setelah sempat membentur bek Burnley.

Spurs baru bisa memecah kebuntuan pada pengujung laga atau tepatnya pada satu menit tambahan waktu babak kedua. Tendangan kencang Eriksen tak lagi mampu ditahan Joe Hart sehingga bola bersarang ke gawangnya.

Eriksen menerima umpan datar dari Kane yang menerima umpan jauh dari rekannya di luar kotak penalti. Laga berakhir 1-0 untuk kemenangan Tottenham atas Burnley. Meski menang, Spurs masih bercokol di posisi ketiga klasemen pekan ke-17 Liga Inggris 2018/2019 dengan 39 poin.

Susunan Pemain
Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Kieran Trippier, Toby Alderweireld, Ben Davies, Danny Rose; Moussa Sissoko, Oliver Skipp/Heung-min; Lucas/Eriksen, Dele Alli, Erik Lamela/Fernando Llorente; Harry Kane.

Burnley (5-4-1): Joe Hart; Phil Bardsley, Kevin Long, James Tarkowski, Ben Mee, Charlie Taylor; Aaron Lennon/Sam Vokes, Ashely Westwood, Jack Cork, Robbie Brady; Ashley Barnes/Chris Wood. (bac/bac)