Ronaldo Pergi, Jumlah Penonton di Markas Madrid Anjlok

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 09:55 WIB
Ronaldo Pergi, Jumlah Penonton di Markas Madrid Anjlok Kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid diklaim membuat jumlah penonton di Stadion Santiago Bernabeu mengalami penurunan drastis. (REUTERS/Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Efek kepergian Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus diklaim mulai terasa di Stadion Santiago Bernabeu jumlah penonton yang makin menurun.

Stadion megah di Kota Madrid tersebut tak lagi penuh terisi para fan klub tersebut. Jumlah penonton di Stadion Santiago Bernabeu turun anjlok.

Penurunan itu sangat terasa ketika Madrid menjamu Rayo Vallecano pada La Liga Spanyol 2018/2019, Sabtu (15/12) malam waktu setempat yang berakhir untuk kemenangan tuan rumah 1-0.


Seperti dilansir dari AS, total jumlah penonton di stadion yang menyaksikan pertandigan itu adalah 55.229 orang. Dengan jumlah itu, Stadion Santiago Bernabeu hanya terisi sekitar 68 persen dari total kapasitas sekitar 81 ribu orang.

Bukan hanya laga lawan Vallecano, jumlah penonton di stadion tersebut juga mengalami penurunan cukup drastis di sejumlah pertandingan pada kompetisi domestik maupun level Eropa macam Liga Champions.

Santiago Bernabeu tak lagi dipenuhi penonton usai kepergian Cristiano Ronaldo. (Santiago Bernabeu tak lagi dipenuhi penonton usai kepergian Cristiano Ronaldo. (Foto: REUTERS/Juan Medina)
Pada laga Copa del Rey melawan Melilla, jumlah penonton hanya sekitar 55.243 orang. Begitu pula ketika Los Blancos menjamu CSKA Moscow pada 12 Desember hanya ditonton total 51.636 penonton.

Dari 12 laga kandang Madrid musim ini hanya tujuh pertandingan yang ditonton lebih dari 60 ribu penonton di Stadion Santiago Bernabeu. Dari tujuh laga itu, hanya satu yang ditonton lebih dari 70 ribu, namun angkanya tak sampai 80 ribu atau batas maksimal jumlah penonton di stadion itu.

Padahal, musim lalu jumlah penonton di stadion itu rata-rata melebihi 70 ribu orang bahkan ada yang tembus hingga 80 ribu penonton.

Seperti diberitakan AS, ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya jumlah penonton. Di antaranya adalah tiadanya pemain bintang yang direkrut Real Madrid musim ini. Namun faktor utama adalah kepergian Ronaldo dari Los Blancos.

Hengkangnya Ronaldo yang disebut menjadi alasan kuat para penonton enggan meramaikan Stadion Santiago Bernabeu. Indikatornya adalah pada laga pembuka Real Madrid musim ini lawan Getafe di Stadion Bernabeu, hanya dihadiri 48.466 penonton.

Angka itu bahkan merupakan jumlah paling sedikit sejak pertandingan di stadion itu pada 24 Mei 2009 sebelum Ronaldo tiba di klub tersebut. (bac)