Aturan Main Undian Babak 16 Besar Liga Champions

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 08:45 WIB
Aturan Main Undian Babak 16 Besar Liga Champions Real Madrid bisa berjumpa salah satu tim Inggris di babak 16 besar Liga Champions. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Undian babak 16 besar Liga Champions 2018/2019 akan digelar di markas UEFA, Nyon, Senin (17/12) siang waktu setempat. Berikut aturan main undian babak knock-out Liga Champions.

Dikutip dari situs resmi UEFA, undian akan berlangsung pukul 12.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. Ada sejumlah aturan main yang akan digunakan dalam undian Liga Champions sore ini.

Dari 16 klub yang lolos akan dibagi menjadi dua pot, yakni pot juara grup dan pot runner-up grup. Klub dari pot juara grup akan bertemu dengan pot runner-up grup di babak 16 besar dengan dua catatan penting.


Catatan penting pertama, klub yang berasal dari fase grup yang sama tidak bisa bertemu di undian babak 16 besar. Sementara yang kedua adalah klub dari negara yang sama tidak bisa bertemu di babak 16 besar ini.
Manchester City tak akan berjumpa tim dari Inggris lainnya di babak 16 besar.Manchester City tak akan berjumpa tim dari Inggris lainnya di babak 16 besar. (REUTERS/David Klein)
Tim di pot juara grup akan menjalani laga tandang di leg pertama 16 besar Liga Champions pada 12-13 Februari dan 19-20 Februari 2019. Sementara leg kedua akan berlangsung 5-6 Maret dan 12-13 Maret 2019.

Tim berstatus juara grup adalah Barcelona, Bayern Munchen, Borussia Dortmund, Juventus, Manchester City, Paris Saint-Germain, Porto, dan Real Madrid. Sedangkan delapan tim yang berstatus runner-up adalah Ajax Amsterdam, Atletico Madrid, Liverpool, Olympique Lyon, Manchester United, AS Roma, Schalke 04, dan Tottenham Hotspur.


Atletico Madrid adalah salah satu tim runner up yang wajib diwaspadai.Atletico Madrid adalah salah satu tim runner up yang wajib diwaspadai. (REUTERS/Sergio Perez)
Undian 32 besar Liga Europa akan digelar usai undian babak 16 besar Liga Champions.

Pot Juara Grup

Barcelona (Spanyol, Grup B)
Bayern Munchen (Jerman, Grup E)
Borussia Dortmund (Jerman, Grup A)
Juventus (Italia, Grup H)
Manchester City (Inggris, Grup F)
Paris Saint-Germain (Perancis, Grup C)
Porto (Portugal, Grup D)
Real Madrid (Spanyol, Grup G)

Pot Runner-up
Ajax (Belanda, Grup E)
Atletico Madrid (Spanyol, Grup A)
Liverpool (Inggris, Grup C)
Lyon (Perancis, Grup F)
Manchester United (Inggris, Grup H)
Roma (Italia, Grup G)
Schalke (Jerman, Grup D)
Tottenham Hotspur (Inggris, Grup B) (har/ptr)