Daftar Atlet Wanita Indonesia Berprestasi Versi PERWOSI

CNN Indonesia | Senin, 17/12/2018 16:20 WIB
Daftar Atlet Wanita Indonesia Berprestasi Versi PERWOSI PERWOSI memberikan penghargaan kepada sejumlah mantan atlet wanita Indonesia. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah atlet wanita berprestasi pada masanya mendapat penghargaan dari Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (PERWOSI) di Auditorium Mutiara Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) pada Senin (17/12).

Ketua Umum PERWOSI Tri Suswati mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada para atlet wanita yang telah mengharumkan Indonesia di dunia internasional maupun dalam negeri.

"Kriteria yang kami berikan adalah atlet-atlet yang mendapatkan prestasi medali emas di Olimpiade, Asian Games, SEA Games, dan PON. Kami juga melihat kemampuan ekonomi dan kesehatan mereka, ya memang ada dana bantuan dan piagam untuk mereka," kata Tri Suswati kepada para awak media.


"Dana bantuan bervariasi antara Rp3 juta hingga Rp10 juta, karena terus terang saja kemampuan kami baru segitu," Tri yang juga istri dari Kapolri Tito Karnavian tersebut menambahkan.

PERWOSI pun berharap agar penghargaan itu bisa membantu para 'Srikandi' pernah menjadi pahlawan Indonesia di dunia olahraga. Tri Suswati menyebut pemberian penghargaan ini adalah yang pertama dari PERWOSI.

Penghargaan tahun ini merupakan yang pertama dari PERWOSI.Penghargaan tahun ini merupakan yang pertama dari PERWOSI. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Karena kami terinspirasi kemarin dari Asian Games dan Para Games bahwa negara kita punya banyak sekali atlet yang mengharumkan nama Indonesia. Dan kami seharusnya tidak melupakan atlet-atlet yang dulunya telah mengharumkan bangsa Indonesia," katanya menambahkan.

Salah satu atlet yang hadir dalam acara tersebut, Murdasih, bersyukur atas penghargaan yang ia dapat. Perempuan yang kini berusia 49 tahun tersebut merupakan peraih medali emas SEA Games 1981 dan Asian Games 1982.

"Penghargaan ini tak ternilai harganya," ucap pegawai negeri sipil di Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia itu.

Berikut ini daftar atlet wanita berprestasi yang mendapat penghargaan dari PERWOSI:

1. Murdasih (Senam)

2. Sri Purwidiyati (Atletik)

3. Sutirta Siwi Akip (Tenis meja)

4. Starlet Irianneke Anzela (Atletik)

5. Carla Tedjasukmana (Tenis meja)

6. Maria Lawalata (Atletik)

7. Marina Segedi (Pencak silat)

8. Tati Sumirah (Bulutangkis)

9. Ana Manopo (Voli)

10. Leane Suniar (Panahan)

11. Diana Tedjasukmana (Tenis meja)

12. Martha Kase (Atletik)

13. Rodiawati Dahlan (Pencak silat)

14. Supriyati Sartono (Atletik)

15. Yuni Astuti (Bulutangkis)

16. Winarni (Angkat besi)

17. Lenni Haeni (Dayung)

18. Suryati (Atletik)

19. Carolina S. Rieuwpassa (Atletik)

20. Susanna Nanlohy Rieuwpassa (Atletik) (map/jun)