Pele: Citra Neymar Negatif karena Diving

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 01:01 WIB
Pele: Citra Neymar Negatif karena <i>Diving</i> Neymar diminta mencetak banyak gol dan mengurangi diving. (REUTERS/Marko Djurica)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda sepak bola Brasil, Pele, menyebut citra bintang Paris Saint-Germain Neymar menjadi negatif karena melakukan diving dan minim mencetak gol.

Talenta Neymar kali pertama muncul saat memperkuat Santos. Barcelona lalu merekrutnya pada 2013. Bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, Neymar menjadikan barisan depan klub berjuluk Blaugrana itu sebagai lini serang paling tajam.

Hanya saja, selama empat musim di Barcelona Neymar tidak bisa melepaskan diri dari bayang-bayang Lionel Messi. Kapten timnas Brasil itu pun memilih pindah ke PSG pada musim lalu untuk bisa menjadi yang terbaik dan memenuhi ambisi meraih Ballon d'Or.


Akan tetapi, satu musim bersama klub ibu kota Perancis itu belum juga membuat nama Neymar mengilap. Mantan pemain Santos tersebut itu bahkan tidak ada dalam tiga besar Pemain Terbaik FIFA 2018 atau Ballon d'Or 2018.

Mantan pemain timnas Brasil Pele pun mencoba memberikan saran kepada juniornya itu agar bisa menjadi salah satu pemain besar di dunia. Bagi Pele Neymar harus mencetak lebih banyak gol dan mengurangi diving untuk menjadi pemain hebat.

"Saya selalu mengatakan bahwa Neymar akan menjadi pemain hebat," ujar Pele kepada Canal+ dikutip dari Sportskeeda.

Pele percaya Neymar akan jadi pemain yang hebat di masa depan.Pele percaya Neymar akan jadi pemain yang hebat di masa depan. (AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
"Tetapi apa yang terjadi dalam beberapa tahun belakangan? Dia mulai ingin tampil dengan cara lain, bukan dengan mencetak gol tetapi dengan membuat gerakan, diving, mempersulit hidup wasit. Itulah mengapa citranya menjadi negatif," Pele menambahkan.

Pele mengaku sering membicarakan hal tersebut dengan Neymar. Pria 78 tahun itu juga menganggap Neymar adalah salah satu pemain terbaik di dunia saat ini.

"Seorang ayah tidak mengkritik, seorang ayah mendidik putranya. Ketika saya mengatakan kepada Anda bahwa dia adalah anak kami, itu karena dia dianggap anak Santos," Pele menuturkan.

Di sepanjang kariernya sebagai pemain profesional Neymar sudah melakoni 369 pertandingan sejak di Santos hingga PSG dengan mencetak 219 gol.

"Orang-orang berpikir bahwa saya terlalu sering menjewer telinga Neymar terlalu sering, tetapi saya melakukan itu untuk kebaikannya sendiri. Saya berharap yang terbaik untuknya, untuk Brasil, saya akan melakukan segalanya untuk membantu Neymar," Pele menuturkan. (sry/bac)