Mourinho Bisa Terima Rp441 Miliar Jika Segera Dipecat MU

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 06:40 WIB
Mourinho Bisa Terima Rp441 Miliar Jika Segera Dipecat MU Manchester United diklaim harus bayar kompensasi Rp441 miliar jika segera mendepak Jose Mourinho. (REUTERS/Andrew Yates)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jose Mourinho diklaim bisa menerima dana kompensasi mencapai £24 juta atau setara RP441 miliar apabila dewan direksi Manchester United segera memecatnya.

Dana kompensasi sebesar itu disebut sebagai salah satu pertimbangan yang membuat pemilik klub Setan Merah, Joel dan Avram Glazer enggan mengambil langkah cepat memecat pelatih asal Portugal itu.

Sejumlah desakan dari fan dan mantan pemain kepada pemilik klub agar segera mendepak Mourinho kembali mencuat setelah Setan Merah ditaklukkan Liverpool 3-1 di Stadion Anfield, Minggu (16/12). MU saat ini masih tertahan di peringkat keenam klasemen pekan 17 Liga Inggris 2018/2019 atau terpaut 19 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen. Namun, pihak klub masih enggan memikirkan opsi untuk segera mendepak sang manajer.


Dikutip dari Mirror, Daily Record melansir bahwa terdapat klausul terkait uang kompensasi pemecatan manajer dalam perpanjangan kontraknya hingga 2020 tersebut.

Manchester United saat ini berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris 2018/2019. (Manchester United saat ini berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga Inggris 2018/2019. (Action Images via Reuters/Carl Recine)
Salah satu klausul menyebutkan, pihak klub harus membayar uang kompensasi sebesar £18 juta (Rp331 miliar) jika mendepak Mourinho musim ini.

Angkanya disebutkan bakal lebih besar apabila pemecatan itu dilakukan klub sebelum Januari. Terlebih apabila Setan Merah masih berlaga di Liga Champions, uang kompensasinya bisa senilai £24 juta (Rp441 miliar).

Man United sendiri melaju ke babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Di fase gugur itu, The Red Devils akan menghadapi tim bertabur bintang dari Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) pada 12 Februari dan 6 Maret.

Tak pelak, dewan direksi disebut baru akan mengambil tindakan nyata jika Mourinho gagal memperpanjang langkah Setan Merah di Liga Champions musim ini.

Langkah paling ekonomis bagi klub adalah menunggu musim ini usai untuk mendepak Mourinho. Selain membayar kompensasi yang lebih kecil, mereka juga memiliki waktu untuk menyiapkan pengganti mantan pelatih Chelsea tersebut.

Manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino disebut-sebut sebagai kandidat kuat sebagai pengganti Mourinho. Sedangkan nama Zinedine Zidane tak lagi terlalu santer digadang-gadang melatih Setan Merah. (bac/bac)