Kisah Gourav Mukhi, Pesepakbola 28 Tahun Mengaku 16 Tahun

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 09:58 WIB
Kisah Gourav Mukhi, Pesepakbola 28 Tahun Mengaku 16 Tahun Gourav Mukhi dihukum larangan bertanding selama enam bulan karena ternyata ia tidak berusia 16 tahun. (Istockphoto/FOTOKITA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gourav Mukhi mencatat rekor sebagai pemain termuda yang mencetak gol di Liga India. Namun ternyata rekor tersebut batal lantaran ia ternyata berumur 28 tahun.

Mukhi membuat heboh Liga Super India saat dirinya tercatat sebagai pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah kompetisi tersebut. Gol Mukhi membuat duel Jamshedpur FC lawan Bengaluru FC berakhir imbang 2-2.

Mukhi tercatat baru berusia 16 tahun saat menyandang rekor tersebut. Striker Australia, Tim Cahill bahkan sampai memberi pujian pada Mukhi yang merupakan lawannya di laga tersebut.


Namun kemudian kisah sensasional itu terbongkar dalam waktu singkat. Mukhi ternyata sudah berusia 28 tahun saat ini. Atas kejadian tersebut, Mukhi lalu mendapat hukuman skorsing enam bulan.

"Komisi Disiplin Federasi Sepakbola India menjatuhkan hukuman larangan bertanding enam bulan kepada pemain Jamshedpur FC Gourav Mukhi."

"Komisi Disiplin juga sudah memeriksa form registrasi dari Gourav Mukhi, data Mukhi baik di Pusat Registrasi Pemain (CRS) maupun di Sistem Manajemen Kompetisi (CMS) harus dicabut. Pemain juga harus menyerahkan dokumen asli untuk registrasi terbaru di bawah CRS dan CMS," ucap Komdis Federasi Sepakbola India dalam rilis resminya, seperti dikutip dari Sportbible.

Kisah Mukhi ini terbilang ajaib. Pada 2015 lalu, Mukhi juga sempat terlibat dalam pemalsuan umur saat mengikuti kejuaraan U-15.

Setelah momen itu, Mukhi kemudian bergabung dengan tim cadangan Jamshedpur FC sebelum akhirnya ditarik ke tim utama lantaran performa apik yang ditunjukkannya. (ptr/nva)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA