Mourinho Manajer Ketiga yang Gagal Ikuti Kesuksesan Ferguson

jun, CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 18:35 WIB
Mourinho Manajer Ketiga yang Gagal Ikuti Kesuksesan Ferguson jose Mourinho jadi manajer ketiga yang dipecat MU setelah era Sir Alex Ferguson. (REUTERS/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jose Mourinho jadi manajer ketiga yang jadi korban pemecatan di Manchester United lantaran gagal mengikuti kesuksesan Sir Alex Ferguson.

Man United masih belum bisa mencari pengganti Ferguson yang memilih pensiun di akhir musim 2012/13. David Moyes, Louis van Gaal, dan kini Mourinho jadi sederet pelatih kaliber yang berakhir tragis.

Manajemen MU sempat membuat keputusan mengejutkan dengan menunjuk Moyes sesaat setelah Fergie memutuskan pensiun dari kursi pelatih di Old Trafford.


Sempat bersinar saat memimpin Everton, Moyes akhirnya resmi dipecat MU pada 22 April 2014. Pemecatan Moyes pun dikonfirmasi lewat akun Twitter resmi klub @ManUtd.

Moyes tercatat hanya bertahan 10 bulan setelah menggantikan legenda Old Trafford, Sir Alex Ferguson. Pria asal Skotlandia itu didepak setelah MU kalah 0-2 dari mantan klub arahannya, Everton, di Goodison Park.

Jose Mourinho dipecat setelah MU dikalahkan Liverpool 1-3.Jose Mourinho dipecat setelah MU dikalahkan Liverpool 1-3. (REUTERS/Carl Recine)
Klub berjulukan Setan Merah itu pun harus membayar kompensasi sebesar £10 juta atas pemutusan kontrak sepihak.

Pihak klub sempat menunjuk Ryan Giggs sebagai pelatih sementara hingga akhir musim sebelum akhirnya merekrut pelatih sarat pengalaman, Louis van Gaal, pada 16 Juli 2014.

Mantan pelatih timnas Belanda itu pun hanya mampu bertahan selama dua musim sebelum akhirnya dipecat pada 23 Mei 2016. Bedanya, Van Gaal diputus kontrak di akhir musim atau setelah mempersembahkan gelar Piala FA untuk MU.

Jose Mourinho dikabarkan berseteru dengan Paul Pogba.Jose Mourinho dikabarkan berseteru dengan Paul Pogba. (Reuters/Jason Cairnduff)
Van Gaal dilengserkan dari kursi manajer setelah dinilai tidak cakap dalam menunaikan tugasnya. Ia hanya menuntaskan dua dari tiga tahun kontraknya bersama kubu Setan Merah. Setali tiga uang, pihak klub pun harus memberikan kompensasi tak sedikit untuk mantan manajer Barcelona tersebut.

Pada 27 Mei 2017, MU mengumumkan Jose Mourinho sebagai manajer anyar mereka dengan durasi kontrak selama tiga tahun. Manajer asal Portugal itu sukses mempersembahkan tiga gelar di musim pertamanya termasuk Liga Europa dan Piala Liga Inggris 2016/2017.

Di musim keduanya (2017/18), Mourinho malah gagal meraih gelar. Performa negatif Mou bersama Man United berlanjut di awal musim 2018/19. Paul Pogba dan kawan-kawan tercecer di peringkat keenam hingga pekan 17 Liga Inggris atau terpaut 19 poin dari Liverpool yang berada di puncak klasemen.

Kesabaran manajemen habis setelah Man United ditaklukkan Liverpool 3-1 di Stadion Anfield, Minggu (16/12). Dua hari berselang Mou pun dipecat dari jabatannya.

Sederet prestasi yang dikoleksi Mourinho, termasuk tiga trofi Liga Champions, tak bisa ditularkan kala melatih Manchester United. Ia menjadi pelatih ketiga yang dipecat MU setelah gagal mengikuti masa kejayaan Ferguson. (jun/nva)