Pelatih Baru Timnas Indonesia Berpeluang Diumumkan Besok

CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 13:06 WIB
Pelatih Baru Timnas Indonesia Berpeluang Diumumkan Besok Pelatih Timnas Indonesia bisa ditentukan besok, Kamis (20/12). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan pelatih baru Timnas Indonesia berpeluang diumumkan besok, Kamis (20/12). Tisha juga mengungkapkan kriteria pelatih yang dicari PSSI untuk melatih Timnas Indonesia.

PSSI telah menentukan batas waktu hingga 20 Januari 2019 di kongres tahunan untuk mengumumkan pelatih Timnas Indonesia di semua kelompok umur, termasuk pelatih pengganti Bima Sakti di Timnas Indonesia senior.

Tisha mengatakan PSSI berpeluang mengumumkan nama pelatih lebih cepat. Pengumuman nama pelatih Timnas Indonesia bisa diumumkan dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Kamis (20/12).


"Sebetulnya tidak perlu menunggu kongres, besok (20 Desember) di rapat Exco sudah dibahas. Kalau lebih cepat, akan kami umumkan. Apabila diperlukan kajian lebih lanjut setelah rapat Exco, batasnya 20 Januari," ujar Tisha kepada CNNIndonesia.com.

Timnas Indonesia tidak memiliki pelatih sejak gagal di Piala AFF 2018.Timnas Indonesia tidak memiliki pelatih sejak gagal di Piala AFF 2018. (Chalinee THIRASUPA / AFP)
Lebih lanjut Tisha mengatakan kriteria pelatih Timnas Indonesia di setiap kelompok umur berbeda-beda. Yang pasti, PSSI menginginkan pelatih yang mengedepankan disiplin.

"Yang jelas pilihan pelatih domestik dan asing itu ada, bercampur. Dan kami harus benar-benar punya pelatih yang disiplin tinggi, kami amat perhatian pada area kedisiplinan," ucap Tisha.

PSSI akan menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) besok, Kamis (20/12).PSSI akan menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) besok, Kamis (20/12). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
"Ini kebiasaan [disiplin] orang Indonesia harus digalakkan lagi. Soal teknis dan lain-lain itu pasti kami perhatikan," sambung Tisha.

Tisha menerangkan saat ini PSSI sudah memasuki tahun kedua menuju masa keemasan sepak bola Indonesia yang ditargetkan terjadi pada 2024.

"Sekarang masih fase pengembangan. Pada 2019 kami harapkan pelatih, pemain, dan wasit kualitasnya meningkat melebihi 2018 sehingga jadi fondasi tangguh hingga 2024," ujar Tisha.

"untuk 2019 kami benar-benar tekad untuk fokus SEA Games. Kami tak boleh lewatkan ini [SEA Games 2019]. Ini harus kami gembleng, bina, pupuk baik. Harus juara," ucap Tisha. (map/ptr)