Harga Saham Man United Meningkat Usai Pemecatan Mourinho

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/12/2018 18:04 WIB
Harga Saham Man United Meningkat Usai Pemecatan Mourinho Harga saham Man United meningkat usai Mourinho dipecat. (Action Images via Reuters/Andrew Boyers)
Jakarta, CNN Indonesia -- Harga saham Manchester United mengalami peningkatan yang cukup tajam usai memecat manajer asal Portugal, Jose Mourinho, pada Selasa (18/12).

Pemecatan Jose Mourinho memberikan keuntungan untuk Setan Merah, julukan Man United. Harga saham juara Liga Inggris 20 kali itu meningkat hampir enam persen mendekati £120 juta atau setara dengan Rp2,1 triliun pada hari pemberhentian itu.

Dikutip dari Talksport, peningkatan saham Man United itu terjadi di Bursa Saham New York. Setelah ditutup di kisaran US$17,30 ( atau setara dengan £13,65) per lembar saham pada Senin (17/12), saham The Red Devils meningkat menjadi US$18,39 (atau £14,51).


Selama mengalami inkonsistensi penampilan di musim ini nilai saham Man United mengalami fluktuasi atau tidak tetap. Saat ini Paul Pogba dan kawan-kawan berada di peringkat keenam klasemen sementara Liga Primer Inggris dengan 19 poin di belakang Liverpool sebagai pemuncak klasemen dan 11 poin dari posisi empat besar.

Man United kehilangan lebih dari tiga dari nilai total sejak Agustus atau sekitar US$1 miliar (setara dengan £800 ribu). Pada 27 Agustus nilai per lembar saham Man United berada di angka US$27,20 (£21,47) dengan valuasi saham atau nilai klub mencapai US$3,1 miliar.

Mourinho dipecat usai memberikan tiga trofi untuk Man United.Mourinho dipecat usai memberikan tiga trofi untuk Man United. (REUTERS/Stefano Rellandini)
Akan tetapi, pada 1 Oktober nilai per lembar saham Man United turun drastis ke angka 22 persen menyentuh US$21,12 (£16,67) per lembarnya.

Mourinho mengakhiri petualangannya selama dua setengah musim di Old Trafford pada awal pekan ini. Pemecatan itu setelah Man United kalah 1-3 dari Liverpool di Liga Primer Inggris, Minggu (16/12).

Kendati demikian Mourinho termasuk ke dalam manajer terbaik Man United setelah Alex Ferguson. Selama dua setengah musim di Old Trafford manajer berusia 55 tahun itu sukse memberikan tiga trofi, Community Shield, Piala Liga Inggris, dan Liga Europa.

Kini, Man United memilih legenda klub asal Norwegia, Ole Gunnar Solskjaer, sebagai manajer sementara hingga akhir musim menggantikan posisi Mourinho. (sry/jun)