Alasan PSSI Pilih Simon McMenemy Latih Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Kamis, 20/12/2018 18:08 WIB
Alasan PSSI Pilih Simon McMenemy Latih Timnas Indonesia Alasan PSSI memilih Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. (REUTERS/Kham)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono menjelaskan alasan pihaknya memilih Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia. Juru taktik asal Skotlandia itu dikontrak selama dua tahun ke depan.

Joko menjelaskan, McMenemy terpilih dari beberapa nama lain yang turut menjadi calon pelatih Timnas Indonesia. Sayang, Joko enggan menyebut daftar kandidat lainnya.

"Tak mudah memilih pelatih Timnas Indonesia sejak sebulan terakhir. Ada tiga poin yang jadi patokan kami untuk memutuskan [pelatih]," kata Joko saat konferensi pers di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (20/12).


Poin pertama, Timnas Indonesia punya sejumlah target yang berusaha diraih dua tahun ke depan. Kedua, soal daya dukung pemain dan pola kompetisi termasuk kemampuan pendanaan yang dimiliki PSSI untuk menunjuk pelatih.

"Dari situ baru kita putuskan siapa yang mungkin menjadi pelatih timnas. Termasuk kualifikasi dan rekam jejaknya, ada beberapa nama yang digodok dan akhirnya Simon sesuai dengan target. Rekam jejak itu melalui analisis di departemen teknis," jelas Joko.

PSSI mengumumkan secara resmi McMenemy sebagai sosok pelatih Timnas Indonesia usai rapat Komite Eksekutif (Exco) di Jakarta, Kamis (20/12). McMenemy merupakan salah satu pelatih asing berpengalaman di Indonesia.

McMenemy memulai karier di Indonesia dengan menangani Mitra Kukar di Liga Indonesia 2011. Ia sempat melatih Pelita Bandung Raya pada 2013 sebelum dipercaya melatih Bhayangkara FC pada 2017.

Bersama The Guardian, McMenemy menyumbangkan gelar juara Liga 1 2017 dan finis di urutan ketiga klasemen akhir Liga 1 2018. (TTF/jun)