Alfred Riedl Bela Maman Abdurrahman Soal Final Piala AFF 2010

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/12/2018 06:32 WIB
Alfred Riedl Bela Maman Abdurrahman Soal Final Piala AFF 2010 Alfred Riedl bela Maman Abdurrahman. (AFP PHOTO / HOANG DINH NAM)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 Alfred Riedl membela eks pemainnya Maman Abdurrahman terkait isu pengaturan skor.

Maman Abdurrahman seolah merasa menjadi tertuduh usai namanya disebut Andi Darussalam Tabusalla, mantan manajer Timnas Indonesia, melakukan kesalahan fatal saat Malaysia membobol gawang Skuat Garuda di leg pertama final Piala AFF 2010.

Hanya saja, Andi yang akrab disapa ADS itu tidak mengatakan Maman Abdurrahman terlibat pengaturan skor atau tidak. Isu pengaturan skor di final Piala AFF 2010 ini pun sampai ditelinga Alfred Riedl.


Riedl lalu membela Maman Abdurrahman. Menurut Riedl Maman dan juga Timnas Indonesia hanya sedang apes dalam final tersebut.

"Bagi kami dan juga bagi Maman, kami hanya tidak beruntung di final itu. Maman membuat satu kesalahan teknis yang besar di kedua pertandingan final itu," ujar Riedl kepada CNNIndonesia.com, Kamis (20/12).

Nama Maman disebut melakukan kesalahan dalam gol yang dicetak Malaysia saat final Piala AFF 2010.Nama Maman disebut melakukan kesalahan dalam gol yang dicetak Malaysia saat final Piala AFF 2010. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
"Tetapi jika Anda pernah bermain sepak bola, itu [kesalahan] selalu bisa terjadi di lapangan. Dalam olahraga juga lazim terjadi kesalahan," Riedl menambahkan.

Sebelumnya dalam konferensi bersama APPI Maman mengonfirmasi tidak terlibat dalam pengaturan skor di final Piala AFF 2010. Senada dengan sang pemain, Riedl juga mengamini itu. 

"Saya tidak pernah mencurigai Maman terlibat pengaturan skor. Bagi saya Maman adalah pemain yang jujur," Riedl menegaskan.

Timnas Malaysia keluar sebagai juara Piala AFF 2010 setelah mengalahkan Timnas Indonesia dengan agregat 4-2. Di leg pertama yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Malaysia menang 3-0, sedangkan leg kedua yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Timnas Indonesia hanya menang 2-1. (bac/jun)