Ramos Bebas Kartu Merah untuk Kali Pertama dalam Satu Tahun

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 09:26 WIB
Ramos Bebas Kartu Merah untuk Kali Pertama dalam Satu Tahun Foto: REUTERS/Juan Medina
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapten sekaligus bek tengah Real Madrid Sergio Ramos mencatatkan rekor dalam kariernya dengan catatan bersih dari kartu merah dalam hitungan satu tahun kalender.

Ramos kali terakhir mendapat kartu merah ketika membela Los Blancos pada ajang Liga Spanyol menghadapi Athletic Bilbao pada Desember tahun lalu.

Bahkan musim ini di kompetisi domestik, Ramos hanya mendapat satu kartu kuning. Sedangkan di Liga Champions, mantan pemain Sevilla itu tercatat mendapat dua kartu kuning.


Khusus pada musim 2017/2018 yang dimulai pada Agustus, Ramos tercatat tampil dalam 24 laga Madrid di seluruh kompetisi, yakni 16 kali di Liga Spanyol, empat kali di Liga Champions, dua laga Piala Dunia Antarklub, serta masing-masing sebuah penampilan di duel Copa del Rey dan Piala Super Eropa.

Ramos Bebas Kartu Merah untuk Kali Pertama dalam Satu TahunSergio Ramos sudah berkostum Real Madrid sejak 2005. (REUTERS/Vincent West)
Menurut AS Sergio Ramos selalu mendapat kartu merah dalam setiap tahun sejak musim pertama berlaga yakni pada tahun 2004. Setelah menjalani separuh tahun pada 2004, pemain yang awalnya merupakan full back itu mendapat kartu merah pertama pada September 2005.

Sejak itu pula Ramos tidak pernah bebas dari hukuman kartu merah setiap tahunnya. Setelah membela Madrid pada musim 2005/2006 Ramos tercatat sudah menerima 24 kali usiran.

Dari 24 kartu merah yang diterima, 19 di antaranya didapat ketika membela Madrid di Liga Spanyol. Catatan tersebut membuat Ramos sebagai pemain pengumpul kartu merah terbanyak. Selain itu, Ramos juga menjadi pemain dengan kartu terbanyak di La Liga dengan 171 kartu, baik kuning atau merah. Secara total, Ramos sudah mengumpulkan 274 kartu di berbagai kompetisi.

Memiliki catatan indisipliner yang cukup banyak di klub, Ramos tercatat tidak pernah mendapat kartu merah ketika berlaga sebanyak 161 kali bersama timnas Spanyol dan hanya mengoleksi 20 kartu kuning. (nva/nva)