Kevin/Marcus Raih Total Rp6,8 Miliar dari Turnamen 2018

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 20:36 WIB
Kevin/Marcus Raih Total Rp6,8 Miliar dari Turnamen 2018 Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon jadi pemain bulutangkis Indonesia dengan raihan hadiah turnamen terbanyak di tahun 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon masing-masing meraih Rp3,4 miliar dari hadiah turnamen yang mereka dapatkan di tahun 2018.

Sepanjang tahun 2018, Kevin/Marcus merupakan salah satu pemain yang paling menonjol. Mereka mampu meraih delapan kemenangan di seri turnamen BWF dan hal itu yang membuat mereka jadi pemain dengan total uang hadiah terbesar di antara pemain Indonesia lainnya.

Di tempat ketiga, Anthony Ginting mendapatkan total Rp1,8 miliar. Kemenangan di China Terbuka jadi salah satu hal yang mendongkrak pendapatan Anthony tahun ini.


Tommy Sugiarto yang berkarier di luar pelatnas duduk di posisi keempat dengan pendapatan total Rp1,3 miliar. Tahun ini Tommy banyak mengikuti turnamen dan berhasil jadi tunggal putra dengan peringkat teratas dalam kategori race to Guangzhou.
Kevin/Marcus Raih Total Rp6,8 Miliar dari Turnamen 2018Kevin/Marcus jadi pemain Indonesia dengan jumlah uang hadiah terbanyak di tahun ini.
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir ada di posisi kelima dan keenam dengan raihan masing-masing Rp1,1 miliar.
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai delapan turnamen di seri turnamen BWF tahun ini.Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menjuarai delapan turnamen di seri turnamen BWF tahun ini. (Dok. Humas PBSI)
"Catatan total uang yang didapat pemain itu hanya mengambil uang hadiah yang mereka dapat, belum termasuk bonus dan kontrak apparel," ucap Hendri Kustian, pengamat bulutangkis yang menyusun tabel tersebut.

Menilik total uang hadiah yang didapat pemain-pemain bulutangkis Indonesia, profesi bulutangkis terbilang sanngat menjanjikan. Pasalnya, ada 25 pemain yang mendapat uang hadiah lebih dari Rp250 juta rupiah tahun ini.

"Bulutangkis sangat menjanjikan untuk menjadi pilihan profesi. Tentu saja buat pemain yang benar-benar tekun mengejar prestasi hingga bisa masuk ke pertandingan internasional," tutur Hendri. (ptr)


BACA JUGA