Soal Rasisme, Legenda Juventus Ingin Tutup Stadion di Serie A

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/01/2019 02:35 WIB
Soal Rasisme, Legenda Juventus Ingin Tutup Stadion di Serie A Lilian Thuram ingin tutup semua stadion di Serie A. (REUTERS/ Giampiero Sposito)
Jakarta, CNN Indonesia -- Legenda Juventus Lilian Thuram mengaku ingin menutup semua stadion di Serie A karena masalah rasisme di Liga Italia.

Thuram menilai, rasisme yang terjadi di Serie A saat ini sama seperti dengan 12 tahun lalu ketika ia masih bermain di Negeri Pizza.

Tidak adanya perubahan selama lebih dari satu dekade itu dianggap Thuram karena kurangnya perjuangan melawan rasisme. Pria asal Prancis itu menyebut melawan rasisme bukan prioritas bagi sepak bola Italia.


Kasus rasisme yang terbaru di Liga Italia terjadi kepada bek Napoli Kalidou Koulibaly ketika bertanding melawan Inter Milan. Karena itu Thuram berharap ada hukuman yang sepadan untuk masalah rasisme ini.

"Dengan masalah-masalah yang seperti itu saya akan menutup semua stadion di Serie A untuk [pertandingan] akhir pekan. Bukan hanya [hukuman untuk] Inter," ujar Thuram kepada Corriere dello Sport dikutip dari Calciomercato.

Kalidou Koulibaly (kanan) korban terbaru rasisme di Liga Italia.Kalidou Koulibaly (kanan) korban terbaru rasisme di Liga Italia. (REUTERS/Alberto Lingria)

"Jika olahragawan di Italia dipaksa tetap tanpa pertandingan di hari Sabtu dan Minggu, mereka diwajibkan untuk merenung, untuk memahami betapa tidak adilnya seseorang diserang di lapangan karena warna kulitnya," Thuram menambahkan.

Mantan pemain Barcelona itu juga mengatakan, kasus rasisme tidak akan terjadi jika pemain kulit putih bermain di liga dengan mayoritas pemain kulit hitam.

Di mata Thuram, ejekan terkait rasisme merupakan hasil pendidikan yang salah. Ia juga menilai dalam kehidupan sosial, warna kulit, agama dan seksualitas tidak penting.

"Jika tidak ada hukuman tertentu, masalah ini tidak akan pernah bisa diselesaikan. Tanpa hukuman yang bisa dijadikan contoh, semuanya akan sama saja," ucap Thuram. (sry)