Van Gaal Jagokan Liverpool Juara Liga Inggris

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 05:50 WIB
Van Gaal Jagokan Liverpool Juara Liga Inggris Louis van Gaal menilai Liverpool punya kemampuan yang lebih baik secara keseluruhan dibandingkan Manchester City. (Reuters/Jason Cairnduff)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan manajer Manchester United, Louis van Gaal menjagokan Liverpool dibandingkan Manchester City untuk jadi juara Liga Inggris musim ini.

Liverpool saat ini jadi pemuncak klasemen dengan nilai 54 poin. The Reds baru saja menelan kekalahan perdana musim ini usai tumbang 1-2 di markas Manchester City. Meski demikian, Van Gaal tetap menjagokan Liverpool mampu mengalahkan 'The Citizens' dalam perburuan gelar Liga Inggris.

"Jika saya harus bertaruh uang untuk satu klub di Liga Inggris, maka itu adalah Liverpool. Liverpool bukanlah tim yang terdiri dari pemain dengan level tertinggi karena faktanya tim dengan level pemain tertinggi adalah Manchester City."


"Klopp telah mengubah Liverpool menjadi mesin petarung, baik saat menyerang maupun bertahan. Di saat bersamaan, Guardiola hanya melatih tim dengan cara menyerang, selalu," kata Van Gaal seperti dikutip dari Mirror.
Manchester City dianggap Louis van Gaal kurang solid saat bertahan.Manchester City dianggap Louis van Gaal kurang solid saat bertahan. (Reuters/Carl Recine)
Perbedaan saat bertahan itu yang diyakini Van Gaal bakal memberikan perbedaan dalam pertarungan Liverpool dan Manchester City di Liga Inggris musim ini.

"Ketika tiba momen Manchester City harus bertahan, mereka terlihat sangat kacau. Liverpool punya tim yang bisa bertahan dengan jauh lebih baik."

"Itu terjadi lantaran Klopp sudah melatih tim untuk bisa jadi pasukan petarung, baik saat memiliki bola maupun tidak. Hal itu yang hilang dari skuat Guardiola saat ini," ujar Van Gaal.
Van Gaal Jagokan Liverpool Juara Liga InggrisLouis van Gaal menjagokan Liverpool jadi juara Liga Inggris musim ini. (REUTERS/Phil Noble)
Van Gaal mengaku terpesona dengan semangat juang yang sering ditunjukkan para pemain Liverpool di sebuah pertandingan.

"Jangan salah, saya tetap suka melihat cara Manchester City bermain. Namun cara Klopp menentukan arah Liverpool bermain benar-benar fantastis."

Van Gaal yakin Manchester City akan mulai mengalami kesulitan ketika mereka harus berhadapan dengan tim-tim besar yang bisa memberikan tekanan kuat. Dalam duel lawan Liverpool, Van Gaal meyakini Manchester City sejatinya kesulitan bertahan.

"Ketika Liverpool menyamakan kedudukan, ada cukup bek Manchester City yang seharusnya bisa mencegah hal itu terjadi. Manchester City memang seolah tak perlu bertahan di Liga Inggris lantaran mereka lebih sering mendominasi lawan."

"Namun ketika mereka menghadapi tim kuat macam Liverpool, kalian bisa melihat pemain City tidak bisa bertahan dengan baik," ujar pria yang juga pernah jadi pelatih Barcelona ini. (ptr/ptr)