Piala Asia 2019: Thailand Dibantai India

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 00:55 WIB
Piala Asia 2019: Thailand Dibantai India Thailand tumbang di hadapan India pada laga perdana Piala Asia 2019. (Khaled DESOUKI / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jagoan Asia Tenggara, Thailand harus menerima kenyataan pahit lantaran kalah telak 1-4 dari India pada laga perdana Piala Asia 2019.

India unggul di menit ke-27 lewat tendangan penalti Sunil Chhetri. Penalti terjadi setelah pemain Thailand dianggap melakukan handball di kotak terlarang. Chhetri dengan dingin melaksanakan tugasnya sebagai eksekutor dengan mengirim bola ke kanan gawang.

Babak pertama kemudian berakhir dengan skor 1-1 setelah bomber Thailand, Teerasil Dangda mampu menyamakan kedudukan di menit ke-33. Teerasil mencetak gol melalui sundulan kepala.


Setelah kedudukan 1-1, pertandingan sejatinya terbilang berjalan seimbang dan bahkan Thailand beberapa kali memiliki peluang untuk bisa meraih keunggulan.

Thailand lalu mendapat kejutan di awal babak kedua. Tendangan keras Chhetri memanfaatkan umpan silang ke lini kedua membuat India kembali unggul 2-1.
Thailand sulit bangkit dari tekanan India di babak kedua.Thailand sulit bangkit dari tekanan India di babak kedua. (Khaled DESOUKI / AFP)
Keunggulan cepat di awal babak kedua ini yang kemudian membuat India makin percaya diri. India terus menekan pertahanan Thailand dan akhirnya mampu mencetak gol ketiga di menit ke-68 lewat Anirudh Thapa.

Thapa melepaskan tendangan cungkil yang membuat kiper Thailand, Chatchai Budprom tak berdaya menghalau bola. Jeje Lalpheklua akhirnya menutup pesta kemenangan India dengan skor 4-1 lewat golnya di menit ke-80.

Di laga lainnya, Australia juga menelan kekalahan di laga perdana mereka saat menghadapi Yordania. Australia tumbang dengan skor 0-1 lewat sundulan Anas Bani Yaseen di menit ke-26. (ptr/ptr)