Harga Messi dan Ronaldo Kalah Jauh Ketimbang Mbappe

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 15:10 WIB
Harga Messi dan Ronaldo Kalah Jauh Ketimbang Mbappe Kylian Mbappe memiliki harga jual tertinggi dalam data yang dirilis CIES. (REUTERS/Stephane Mahe)
Jakarta, CNN Indonesia -- CIES (International Centre for Sports Studies) Football Observatory mengeluarkan catatan terbaru tentang nilai pasar pemain-pemain yang berlaga di lima liga teratas Eropa. Dalam data tersebut, Kylian Mbappe memiliki harga jual tertinggi dan mengungguli Lionel Messi serta Cristiano Ronaldo.

Dalam data yang dirilis CIES tersebut, Mbappe memiliki banderol €218,5 juta atau sekitar Rp3,5 triliun sekaligus menjadi pemain termahal.

Mbappe tercatat lebih mahal ketimbang pemain-pemain top yang berlaga di Eropa. Peringkat kedua pemain termahal ditempati Harry Kane, disusul Neymar Junior, Raheem Sterling dan Mohamed Salah.


Dua bintang yang menguasai persaingan pemain terbaik dunia, Messi dan Ronaldo, hanya menempati peringkat ketujuh dan ke-19.

Bintang Barcelona dihargai €171,2 juta atau lebih kurang setara dengan Rp2,7 triliun dan pemilik nomor tujuh di Juventus memiliki harga Rp2 triliun.

Harga Messi dan Ronaldo Kalah Jauh Ketimbang MbappeCristiano Ronaldo tidak masuk dalam daftar 10 besar pemain termahal. (REUTERS/Alberto Lingria)
Pemain-pemain seperti Romelu Lukaku, Philippe Coutinho, Antoine Griezmann, Dele Alli, Roberto Firmino, Paul Pogba, dan Eden Hazard masuk dalam daftar 18 besar pemain termahal di atas Ronaldo.

Sementara Alisson Becker tercatat sebagai outfield player atau kiper termahal. Penjaga gawang Brasil yang bermain di Liverpool itu ditaksir memiliki harga €105,6 juta yang memiliki harga kurang dari Rp1,8 triliun.

Dalam daftar yang dikeluarkan CIES, terdapat 27 pemain yang memiliki harga diatas €100 juta. Dari jumlah tersebut 16 pemain bermain di Liga Primer Inggris, lima di La Liga Spanyol, tiga di Liga Italia, dua pemain merumput di Ligue 1 Prancis serta satu pemain lagi bermain di Bundesliga Jerman.

Luka Modric yang baru saja meraih gelar pemain terbaik dunia pada tahun 2018 berada di luar daftar 100 pemain termahal dunia atau dianggap memiliki nilai jual dibawah €55,6 juta.

(nkh/jun)