Kejar Gelar MotoGP, Rossi Ingin Kinerja Yamaha Seperti Tim F1

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 21:33 WIB
Kejar Gelar MotoGP, Rossi Ingin Kinerja Yamaha Seperti Tim F1 Valentino Rossi terakhir menjadi juara seri MotoGP pada musim balap 2017. (CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Valentino Rossi menilai kinerja tim Yamaha harus ditingkatkan seperti layaknya yang tercipta dalam sebuah tim Formula 1 demi meraih gelar juara MotoGP.

Setelah dua tahun melewati musim yang tidak baik, Rossi masih menaruh harapan besar pada tim Yamaha menjelang balapan musim 2019.

The Doctor mengakui Yamaha tertinggal ketimbang dua pesaing utama pada balap MotoGP, Honda dan Ducati. Menurut Rossi, Honda dan Ducati telah mengubah cara kerja dan persaingan dalam balap motor kelas premium.


"Dalam beberapa waktu terakhir, khususnya dalam satu setengah tahun terakhir, situasi MotoGP secara teknis telah berubah. Ducati adalah yang pertama membuat perubahan dengan kuantitas orang dan mekanik. Itu seperti di Formula 1," ujar Rossi dikutip dari Autosport.

"Honda kemudian mengikuti dan saya telah berbicara soal ini. Sekarang untuk memenangi MotoGP, Anda harus berjuang dengan langkah yang sama. Kami harus menunggu apa yang akan terjadi dengan Yamaha," sambungnya.

Kejar Gelar MotoGP, Rossi Ingin Kinerja Yamaha Seperti Tim F1Valentino Rossi gagal menyudahi kegagalan meraih gelar juara seri pada balapan MotoGP 2018. (REUTERS/Brandon Malone)
Rossi gagal menjadi juara seri pada MotoGP 2018. Kali terakhir sang veteran memijak podium tertinggi adalah pada MotoGP Belanda 2017. Finis di peringkat kedua pada MotoGP Jerman 2018 adalah catatan terbaik mantan pebalap Honda dan Ducati itu.

Sementara bagi Yamaha, catatan terbaik pada musim lalu dibukukan Maverick Vinales yang berhasil membawa motor YZRM1 menjadi juara pada MotoGP Australia. Itu merupakan satu-satunya keberhasilan Yamaha menjadi juara seri.

Menghadapi musim baru, Rossi menyambut positif kedatangan material-material baru untuk meningkatkan performa motor seperti yang diminta Vinales.

"Jika mereka membawa barang baru bagi Vinales, saya senang karena saya juga akan mendapatkan barang yang sama," ujarnya. (nva/jun)