Tiga Duel Klub Liga 1 di Undian 32 Besar Piala Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 16:35 WIB
Tiga Duel Klub Liga 1 di Undian 32 Besar Piala Indonesia PSM Makassar akan berhadapan dengan Kalteng Putra pada babak 32 besar Piala Indonesia. (ANTARA FOTO/Yusran Uccang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Piala Indonesia 2018/2019 telah memasuki babak 32 besar. Ada tiga duel sesama klub Liga 1 2019 yang akan terjadi dalam fase yang akan berlangsung pada 22 Januari hingga 6 Februari dengan format kandang dan tandang.

Seluruh penghuni Liga 1 2019 tercatat masih menjadi peserta pada babak 32 besar Piala Indonesia. Dari 16 laga yang berlangsung, tiga di antaranya mempertemukan klub dari level tertinggi sepak bola Indonesia saat ini.

Tiga tim promosi pada Liga 1 musim mendatang akan menghadapi kesebelasan yang sudah eksis sejak musim sebelumnya, seperti Semen Padang yang berjumpa PS TIRA, PSS Sleman yang bertemu dengan Barito Putera, serta Kalteng Putra berhadapan dengan PSM Makassar.


Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengatakan para peserta 32 besar Piala Indonesia memiliki kesempatan melakukan bongkar pasang pemain sekaligus sebagai ajang seleksi bagi pemain menjelang musim kompetisi musim depan.

Tiga Duel Klub Liga 1 di Undian 32 Besar Piala IndonesiaPSS Sleman dan Semen Padang akan menghadapi lawan dari Liga 1 pada babak 32 besar Piala Indonesia 2018/2019. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
"Untuk babak 32 besar kali ini, selain persiapan untuk Piala Indonesia itu sendiri, PSSI membuka untuk pendaftaran pemain baru. Jadi pemainnya itu boleh untuk tidak mengikuti regulasi pemain yang kemarin Liga 1, Liga 2, Liga 3 di regulasi 2018," jelas Tisha.

"Jadi akan keluar regulasi baru, pemain boleh didaftarkan sebanyak 30 orang dengan setiap babak di 16 besar dan 8 besar itu boleh diganti 7 orang. Jadi ada 23 pemain yang tetap terdaftar hingga babak final, namun di babak 16 besar dan 8 besar klub boleh mengganti maksimal 7 orang pemain," sambungnya.

Tisha juga memastikan babak 32 besar memiliki regulasi yang ketat dan ada hukuman bagi klub yang ingin mengundurkan diri.

Mengenai kemungkinan juara Piala Indonesia 2018/2019 menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2020, Tisha menyebut pihak AFC akan melakukan kunjungan berkala untuk memantau penyelenggaraan.

Undian Babak 32 Besar Piala Indonesia

Zona Barat 1
Sriwijaya FC Vs Keluarga USU Medan
Persija Jakarta Vs Kepri 757
PSBL Langsa Vs Bhayangkara FC
Semen Padang Vs PS Tira

Zona Barat 2
Persibat Batang Vs PSIS Semarang
Madura United Vs Cilegon United
Persiwa Wamena Vs Persib Bandung
Arema FC Vs Persita Tangerang

Zona Timur 1
Persinga Ngawi Vs Persebaya Surabaya
Barito Putera Vs PSS Sleman
Blitar United Vs Bali United
Persela Lamongan Vs Persik Kendal

Zona Timur 2
Mojokerto Putra Vs Borneo FC
Perseru Serui Vs Mitra Kukar
Persidago Gorontalo Vs Persipura Jayapura
Kalteng Putra Vs PSM Makassar (nva)