Indra Sjafri Mulai Terapkan Taktik di Timnas Indonesia U-22

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 15:25 WIB
Indra Sjafri Mulai Terapkan Taktik di Timnas Indonesia U-22 Timnas Indonesia U-22 mulai merasakan latihan taktik. (CNN Indonesia/M. Arby Rahmat Putratama H)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri mulai menerapkan taktik untuk menunjang rencana permainan di hari keempat pemusatan latihan di Lapangan A Senayan, Kamis (10/1). Pada tiga hari sebelumnya latihan difokuskan pada pemulihan kondisi fisik pemain.

Lewat latihan taktik Indra Sjafri berharap bisa melihat kemampuan dan teknis dasar sepak bola pemain terkait rencana permainan yang bakal diterapkan.

Indra mengatakan butuh waktu panjang bagi pelatih untuk bisa menerapkan model permainan yang diinginkan dari pemainnya.


"Tadi kita sudah mulai dengan taktik tim. Ini yang akan kita cari, model permainan kita, dan ini yang akan kita persiapkan untuk mencari orang-orangnya [sesuai game plan yang dibuat]. Kita melihat dari pemahaman mereka tentang game plan yang akan kita mainkan nanti," kata Indra Sjafri usai memimpin latihan.

Indra mengakui ada beberapa pemain yang menampilkan performa cukup menjanjikan. Terutama dari pemain-pemain yang bukan mantan pemainnya di Timnas Indonesia U-19 lalu. Namun ia enggan menyebutkan nama salah satu pemain yang disebutnya memiliki performa bagus tersebut.

Selanjutnya tim pelatih Timnas Indonesia U-22 disebut Indra Sjafri bakal melakukan evaluasi total sebelum menentukan promosi dan degradasi pada Sabtu (12/1). Sampai Jumat (11/1), ia masih bakal mencari banyak informasi dari semua pemainnya.

"Psikotes baru dilakukan tadi malam (Rabu 9/1), tes kesehatan sudah, dan kita sudah mendapatkan gambaran tentang kesehatan mereka dan tes fisik juga sudah dilakukan, tinggal nanti akan ada laporan hasil psikotes. Setelah itu baru kita lihat game terakhir nanti dan malamnya kita putuskan siapa yang terdegradasi," ujar pelatih 55 tahun tersebut.

Beberapa pemain tampil menjanjikan dalam latihan taktik pada Kamis (10/1).Beberapa pemain tampil menjanjikan dalam latihan taktik pada Kamis (10/1). (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
35 Pemain Bergabung

Sementara itu, dari total 38 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22, 34 pemain di antaranya sudah bergabung. Sebelumnya, sejak hari pertama sampai hari ketiga lima pemain masih absen.

Firza Andika, mantan bek kiri PSMS Medan, mulai bergabung mengikuti pemusatan latihan bersama 33 pemain lain. Sedangkan Osvaldo Haay, disebut Indra Sjafri baru datang hari ini dan bakal mulai bergabung.

Firza Andika jadi pemain baru yang gabung pada Kamis.Firza Andika jadi pemain baru yang gabung pada Kamis. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
"Saya harap dia [Firza] di klub atau di sela-sela musim libur ini juga berlatih. Tadi saya lihat dia bisa mengikuti latihan. Osvaldo hari ini [datang], jadi tinggal tiga [pemain yang belum datang] dan mereka itu ikut pra musim di klubnya," ujarnya.

Sedangkan Ezra Walian, Egy Maulana Vikri dan Saddil Ramdani yang bermain di luar negeri belum dapat dipastikan kedatangannya pekan ini. Indra Sjafri mengaku masih mengkomunikasikan kedatangan tiga pemain tersebut dengan masing-masing klubnya.

"Ini lagi kita diskusikan. Makanya kemarin minta kontak para pelatih. Kalau Lechia Gdansk saya sudah komunikasi karena memang Egy dari awal saya berkomunikasi dengan Mr. Adam [Adam Mandziara] sebagai presiden klubnya."

"Soal Egy sedang kita bicarakan, tentu akan kita mencocokkan dari program satu tahun ini dia akan bergabung di event yang mana. Apa bisa setiap event? terus kapan [bergabungnya]? Kami kan tetap mengacu dengan statuta FIFA yang memang kalau masuk kalender fifa dia harus datang, bisa bela tim nasionalnya," tandas Indra Sjafri. (TTF/bac)