Fenomena Meme Lucu Bek Man United Phil Jones

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 19:42 WIB
Fenomena Meme Lucu Bek Man United Phil Jones Fenomena meme kocak bek Manchester United Phil Jones. (Reuters/Craig Brough)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seandainya ada penghargaan pemain dengan meme terbaik, Phil Jones bisa jadi masuk sebagai kandidat terkuat.

Ya, bek Manchester United tersebut paling fenomenal soal meme-meme lucu yang bertebaran di media sosial. Phil Jones acap kali menjadi objek kreativitas jenaka para netizen lantaran aksi-aksinya di lapangan yang bikin terkekeh.

Phil Jones beberapa kali melakukan aksi yang dianggap kocak mulai tekel hingga membuat gol bunuh diri. Berikut sejumlah penampilan pemain 26 tahun tersebut yang dibuat menjadi meme jenaka dikutip dari the Republik of Mancunia.


1. Celoteh Ferguson Soal Penampilan Phil Jones

Phil Jones pernah dipuji-puji ketika kali pertama mencetak gol dalam kariernya memperkuat Setan Merah. Tepatnya pada 3 Desember 2011, ia menjadi penentu kemenangan Man United atas Aston Villa di Liga Primer Inggris berkat satu-satunya assist dari Nani pada menit ke-20.

Yang menarik adalah komentar manajer MU saat itu, Sir Alex Ferguson. Ia berceloteh soal penampilan Phil Jones.

Phil Jones pernah disanjung Sir Alex Ferguson. (Phil Jones pernah disanjung Sir Alex Ferguson. (Foto: Oli SCARFF / AFP)
"Bisa dibilang dari penampilannya, dia [Phil Jones] bisa menjadi pemain terbaik," terang Ferguson sembari mengklaim ia bisa setara dengan George Best, Duncan Edwards, Bobby Charlton atau bahkan Jonny Evans.

2. Gagal Penalti Paling Konyol

Phil Jones mulai dirisak para netizen pada 2014, tepatnya pada laga semifinal Piala Liga melawan Sunderland. Pertandingan itu dilanjutkan melalui adu penalti.

Phil Jones mendapat kesempatan dalam adu penalti tersebut. Ia menjadi satu dari pemain yang gagak mencetak gol melalui adu penalti tersebut selain Danny Wellbeck, Adnan Januzaj, Darren Fletcher, dan Rafael.

Netizen lantas mengomentari dan membuat meme kocak penalti gagal Phil Jones tersebut yang sangat keras, namun ke atas gawang Sunderland.

3. Tekel Sundulan ala Phil Jones

Pada 2015, meme Phil Jones kembali menghiasi media sosial, kali ini lantaran aksinya melakukan tekel menggunakan kepala saat Man United lawan Arsenal.

Tepatnya pada 17 Mei 2015 ketika tuan rumah Setan Merah ditahan imbang Arsenal 1-1 di Liga Primer Inggris. Pada laga itu Phil Jones melakukan aksi 'konyol' berusaha menghalau bola yang menggelinding di lapangan dengan kepalanya agar jauh dari jangkauan Olivier Giroud.

Phil Jones sendiri sempat menjelaskan aksi sundulan tersebut. "Satu-satunya yang bisa saya lakukan adalah improvisasi dan berusaha menjauhkan bola karena Giroud sudah berlari menuju gawang. Memang kelihatannya konyol saat itu, tapi berhasil," terangnya.

Tak pelak, aksinya itu menuai gambar-gambar meme di Twitter.

4. Tekel Brutal kepada Jordan Henderson

Phil Jones kembali mengulangi aksi konyol. Kali ini melakukan tekel brutal saat Man United mengalahkan Liverpool 2-1 di Stadion Anfield, pada 22 Maret 2015.

Ia mencoba menghentikan langkah Jordan Henderson. Ia menabrak Henderson sekencang-kencangnya setelah gagal menjangkau bola dari kaki pemain The Reds tersebut.

5. Gol Bunuh Diri Fenomenal

Terakhir pada Liga Champions 2018/2019 ketika Man United bertandang ke markas Valencia. Saat itu Setan Merah kalah 1-2 'berkat' gol bunuh diri Phil Jones.

Setelah tertingal 0-1 melalui gol Carlos Soler pada menit ke-17, gawang tim arahan Jose Mourinho waktu itu kembali kebobolan pada menit ke-47.

Phil Jones saat membela Manchester United melawan tim tuan rumah Valencia. (Phil Jones saat membela Manchester United melawan tim tuan rumah Valencia. (Foto: JOSE JORDAN / AFP)
Adalah gol bunuh diri Phil Jones yang menyebabkan MU kebobolan. Ia berupaya menghalau bola umpan terobosan pemain Valencia di depan kotak penalti. Namun, bola tendangan kerasnya justru bergulir kencang ke kanan gawang timnya dan masuk.


6. Ekspresi Kocak Wajah Wajah Phil Jones

Meme paling fenomenal darinya adalah ekspresi wajah kocak Phil Jones yang menjadi bahan eksploitasi para netizen. Ekspresi yang paling jenaka saat ia mencoba menjaga Sergio Aguero saat Derby Man United vs Manchester City pada 2017.

Terbaru ketika Man United menghadapi Valencia di Liga Champions pada 12 Desember 2018, ia juga menampilkan mimik muka kocak.
(bac/har)