PSSI Akui Staf Pelatih Timnas Indonesia Belum Terbentuk

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 19:12 WIB
PSSI Akui Staf Pelatih Timnas Indonesia Belum Terbentuk Simon McMenemy belum dapat memanggil pemain karena staf kepelatihan Timnas Indonesia belum terbentuk. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyebut Simon McMenemy belum menentukan nama-nama pemain yang bakal dipanggil untuk mengisi skuat Timnas Indonesia karena tim pelatih belum terbentuk.

Pada awal tahun ini persiapan kesebelasan Merah Putih hanya dilakukan Indra Sjafri yang membawahi Timnas Indonesia U-22 berlaga di Piala AFF U-22 dan Kualifikasi Piala Asia pada semester pertama tahun ini. Sementara tim senior yang dilatih McMenemy tidak melakukan pemusatan latihan karena tidak ada agenda pertandingan.

Selain itu, PSSI juga menyatakan tidak ada pemanggilan pemain Timnas Indonesia senior karena tim kepelatihan belum terbentuk.


"Kira-kira kami butuh waktu dua minggu ke depan untuk bisa menyusun tim kepelatihan yang komplet. Nah, setelah tim kepelatihan terbentuk barulah itu nanti punya kewenangan dari tim kepelatihan dan itu untuk menentukan pemain-pemain. Setelah itu baru akan dikomunikasikan ke PSSI," ujar Tisha.

"Hari ini kita sudah komunikasi dengan Simon [McMenemy]. Akan ada rapat dalam waktu dekat, 1-2 hari ini, untuk bisa membentuk tim kepelatihan secara bersama-sama lalu kemudian administrasinya kita selesaikan, kontrak dan lain sebagainya," terangnya lagi.

PSSI Akui Staf Kepelatihan Timnas Indonesia Belum TerbentukTimnas Indonesisa kali terakhir tampil di Piala AFF 2018. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Sepanjang 2019, Timnas Indonesia di bawah kepemimpinan McMenemy tidak memiliki jadwal tampil di turnamen apapun selain tampil di agenda uji tanding yang terjadwal dalam FIFA Matchday. Penampilan Timnas Indonesia di turnamen baru bakal dimulai di Piala AFF 2020.

Meski begitu, dalam waktu dekat PSSI tetap bakal memanggil pemain yang bakal mengikuti seleksi skuat Timnas Indonesia.

Peluang Sandy Walsh Gabung ke Timnas Indonesia

Nama pesepakbola keturunan Indonesia, Sandy Walsh turut mewarnai kabar daftar nama pemain yang bakal dipanggil pelatih asal Skotlandia itu nantinya.

Dalam pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Sandy Walsh mengaku telah dihubungi McMenemy secara personal. Hal itu membuat ambisi Sandy Walsh untuk memperkuat Timnas Indonesia kembali terbuka.

Ini jadi kali pertama Sandy dikontak langsung pelatih Timnas Indonesia setelah mengungkapkan keinginannya untuk dinaturalisasi dan menjadi bagian dari skuat Garuda sejak awal 2018 lalu.

"Saya telah berkomunikasi dengan pelatih baru Timnas Indonesia secara personal. Saya berharap ketika seleksi resmi semakin dekat, sudah ada kemajuan," kata Sandy Walsh, Kamis (10/1).

Lewat komunikasi yang telah dibangun Walsh dengan McMenemy diharapkan bisa mempermudah langkah pemain 23 tahun itu untuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia. (nva/jun)