Mayoritas Eks-Pemain Timnas Indonesia U-16 Latihan di Inggris

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 20:35 WIB
Mayoritas Eks-Pemain Timnas Indonesia U-16 Latihan di Inggris Mayoritas penghuni skuat Timnas Indonesia U-16 akan berlatih di Inggris. (Dok. AFC)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 24 pemain hasil seleksi program Elite Pro Academy diberangkatkan ke Inggris untuk menimba ilmu dan merasakan pengalaman sebagai pemain profesional. Mayoritas pemain yang berangkat merupakan jebolan pemain Timnas Indonesia U-16.

Dari 24 nama yang berangkat, 20 di antaranya merupakan nama-nama penggawa Timnas Indonesia U-16. Selain ikut menyeleksi dan menentukan nama-nama pemain terpilih, mantan gelandang Chelsea, Dennis Wise ditunjuk sebagai Direktur Teknis tim yang dinamai Garuda Select tersebut. Sedangkan Des Walker dipercaya menjadi pelatih.

Beberapa nama pemain juga mendapat perhatian dari Wise di antaranya adalah Mochamad Yudha Febrian, David Maulana, Muhammad Supriyadi, Sutan Diego Armando Zico, dan Amanar Abdillah.


Wise mengatakan Yudha adalah pemain yang menarik perhatian tim pelatih karena dianggap bisa memenuhi atribut yang dibutuhkan untuk menjadi seorang bek kiri dan memiliki motivasi yang bagus yang jarang dimiliki pemain lain.

"David memiliki visi misi bermain yang jelas dan cerdas. Dia bisa lebih kuat lagi secara fisik. Zico, dia pencetak gol. Kita akan lihat seberapa jauh dia bisa berkembang di Inggris. Untuk Amanar, ketika ditaruh di depan, dia punya talenta dan kecepatan yang bagus serta naluri yang tinggi untuk mencetak gol," jelas Wise yang pernah menjadi pemain Timnas Inggris U-21 itu, Kamis (10/1).

Mayoritas Eks-Pemain Timnas Indonesia U-16 Latihan di InggrisTimnas Indonesia U-16 ketika berlaga di Piala Asia U-16 2018. (Dok. AFC)
Rencananya, ke-24 pemain bakal berangkat pada 15 Januari mendatang. Mereka akan berada di Inggris selama enam bulan bersama empat pelatih terpilih dari PSSI, yakni Bima Sakti, Ilham Romadona, Sofyan Hadi, dan I Gede Mahatma.

"Anak-anak Garuda Select dibawa ke Inggris untuk mendapatkan pengalaman. Mereka akan ikut kompetisi berjenjang diawali dengan pembentukan fisik sebelum melawan tim kategori tiga dan beranjak sampai tim kategori satu," ujar Wise.

Lebih lanjut Walker, pelatih yang pernah bermain di Sampdoria pada musim 1992/1993 itu menjelaskan para pemain akan diatur untuk mendapatkan 14 jam latihan dengan delapan jam porsi untuk menjalani pertandingan per minggunya. Itu dilakukan supaya para pemain Garuda Select bisa mengimbangi stamina dan kekuatan para pemain yang ada di Eropa.

"Pemain juga bakal diajarkan analisis melalui perangkat lunak. Para pemain bisa menganalisis permainan mereka sendiri dan timnya sebelum bisa menganalisis permainan lawan. Hal yang bakal terasa dalam satu sampai tiga bulan pertama yakni perbandingan fisik selanjutnya bakal menjalani program yang lebih matang," jelas Walker.

Daftar 24 Nama Garuda Select:

Kiper
1. Ahludz Dzikri
2. Risky Muhammad Sudirman
3. Ernando Ary Sutaryadi

Belakang
4. Amiruddin Bagas Kaffa
5. Kartika Vedhayanto
6. Liba Valentino
7. Yudha Febrian
8. Reza Fauzan
9. Komang Teguh Trisnanda
10. Fadhila Nurrachman
11. Vito Redi Candra
12. M. Salman Alfarizi

Tengah
13. Brylian Aldama
14. David Maulana
15. Sandy Arta Samosir
16. Alif Zaelani
17. Andre Oktaviansyah
18. Braif Fatari
19. M. Supriyadi
20. M Fajar Faturrahman

Depan
21. Yadi Mulyadi
22. Amiruddin Bagus Kahfi
23. Sutan Diego Zico
24. Amannar Abdillah (nva/jun)