Pelatih Baru Bhayangkara FC Diharap Klop dengan Pemain Muda

CNN Indonesia | Jumat, 11/01/2019 19:28 WIB
Pelatih Baru Bhayangkara FC Diharap Klop dengan Pemain Muda Bhayangkara dihuni pemain-pemain muda. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Manajer Bhayangkara FC Sumardji membeberkan kriteria yang harus dimiliki pengganti Simon McMenemy sebagai calon pelatih baru The Guardian di musim kompetisi Liga 1 2019, salah satunya adalah klop dengan pemain muda.

Sumardji menyebut sejauh ini ada dua nama calon pelatih yang sudah di kantonginya. Satu merupakan pelatih lokal dan satu lainnya pelatih asing.

Manajemen, lanjut Sumardji, saat ini tengah memperdalam dan memilah sosok pelatih asing yang cocok untuk Bhayangkara. Meski calonnya sudah mengerucut ia masih enggan untuk mengungkapkan sosok keduanya.


"Kami boleh dibilang mayoritas [pemainnya] usia anak muda, sehingga kami membutuhkan karakter yang cocok dengan anak muda. Kalau bisa dapat bakal nyambung dengan karakter anak-anak. Ini penting juga untuk masa depan klub."

"Tapi pilihan tersebut masih akan didiskusikan. Sudah mengerucut calonnya, tapi kami masih diskusi," kata Sumardji di Stadion PTIK Jakarta, Jumat (11/1).

Sejak 2017, Bhayangkara terbilang sukses di tangan pelatih asing. Bersama McMenemy, The Guardian tampil sebagai jawara di musim kompetisi Liga 1 2017 dan menghuni peringkat tiga klasemen Liga 1 2018.

Pelatih Baru Bhayangkara FC Diharap Klop dengan Pemain MudaBhayangkara FC berhasil tampil konstan di papan atas Liga 1 dalam dua musim terakhir. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Sukses itu membuat manajemen Bhayangkara berpikir untuk kembali merekrut jasa pelatih asing. Tapi, Sumardji juga menyebut tak menutup kemungkinan pelatih lokal yang bakal dipilihnya.

Manajemen Bhayangkara juga bakal memberikan kesempatan dua calon pelatih barunya untuk mempresentasikan rencana program kerjanya. Setelah itu, akan dianalisa dan dipertimbangkan sebelum akhirnya mengambil keputusan.

"Dari presentasi itu akan kami pilih mana yang lebih cocok untuk klub ini. Dalam waktu dekat, minggu-minggu ini, pelatih kepala yang masuk radar akan kami undang untuk presentasi apa yg akan dilakukan jika terpilih jadi pelatih Bhayangkara," ujarnya.

Menyoal calon pelatih asing, Sumardji mengungkapkan bahwa ia adalah sosok yang pernah melatih salah satu klub di Indonesia.

"Saya sekarang lagi cari pelatih yang mau bertahan lama dengan kami dan sesuai dengan budget yang kita punya. Nanti saya akan diskusi sama Yeyen [Direktur Teknik Bhayangkara FC Yeyen Tumena]," tandas Sumardji. (TTF/bac)