Rohit Chand Dilepas, Persija Gaet Gelandang Uzbekistan

CNN Indonesia | Jumat, 11/01/2019 18:59 WIB
Rohit Chand Dilepas, Persija Gaet Gelandang Uzbekistan Jakhongir Abdumuminov bersama Gede Widiade. (Dok. Media Officer Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Persija Jakarta resmi merekrut gelandang Uzbekistan Jakhongir Abdumuminov untuk menggantikan Rohit Chand untuk kompetisi musim yang akan datang termasuk Liga 1 2019.

Direktur Utama Persija Gede Widiade membenarkan perekrutan tersebut dan menjelaskan Abdumuminov menandatangani kontrak selama semusim.
"Ya, betul [Persija rekrut Abdumuminov]. Untuk menggantikan fungsi dari pemain kami yang resign, Rohit Chand. Dia [Chand] sudah pasti resign, kepastiannya melalui agen sekitar tiga hari lalu," kata Gede kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (11/1).

"Pemilihan [Abdumuminov] ini dari manajemen. Kalau pemain lokal, masih ada kewenangan [pelatih]. Kalau pemain asing, waktunya tidak cukup. Sangat mepet sekali dengan pendaftaran ACL [Liga Champions Asia 2019]," katanya menambahkan.

Abdumuminov, lanjut Gede, akan berduet dengan gelandang Persija Bruno Matos yang juga baru secara resmi diumumkan sebagai pemain anyar Macan Kemayoran beberapa hari lalu.
Rohit Chand Dilepas, Persija Gaet Gelandang UzbekistanRohit Chand menjadi salah satu pemain asing yang mengantarkan Persija menjadi juara Liga 1 2018. (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)
"Seperti kemarin juga ada Rohit Chand dan Renan [Silva]. Rohit banyak di gelandang bertahan, Renan gelandang serang dan playmaker. Sama ini, Abdu ini gelandang bertahan tapi juga bisa gelandang serang," ujar Gede.

"Tapi [posisi] utamanya Abdu ini di gelandang bertahan. Kalau si Bruno ini utamanya di gelandang serang, dan dia bisa bikin gol. Tapi juga bisa turun ke bawah," ujarnya kembali.


Gede mengabarkan para pemain skuat Persija untuk ACL 2019 mesti didaftarkan pada 20 Januari. Persija akan menghadapi turnamen antarklub terbaik di Asia itu dari babak kualifikasi yang akan berlangsung pada 5 Februari.
Rohit Chand Dilepas, Persija Gaet Gelandang UzbekistanJakhongir Abdumuminov telah meneken kontrak bersama Persija. (Dok. Media Officer Persija Jakarta)
"Mengurus KITAS [Kartu Izin Tinggal Terbatas] untuk pemain asing butuh waktu sampai delapan hari," ucap Gede.

Lebih lanjut, Gede mengatakan Persija masih observasi dan negosiasi dengan beberapa pemain untuk kompetisi musim depan. Akan tetapi, ia tidak bisa mengungkap secara terbuka,

"Nanti kalau kami sampaikan, orangnya lari karena masih 50:50 dengan tim lain. Kemungkinan masih ada tiga pemain lokal lagi," ucapnya melanjutkan.
Sementara itu, Abdumuminov mengaku gembira dan senang bergabung dengan Persija. Salah satu pertimbagan ia menerima pinangan Macan Kemayoran adalah antusiasme yang luar biasa dari suporter The Jak Mania.

"Saya sudah tidak sabar untuk bermain dengan tim. The Jak luar biasa. Pemain pasti akan tambah semangat jika ditonton puluhan ribu orang," tutur pemain berusia 25 tahun itu. (nva/bac)