Liverpool Ikut Rugi Jika Barcelona Jual Coutinho

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 19:11 WIB
Liverpool Ikut Rugi Jika Barcelona Jual Coutinho Liverpool punya sejumlah klausul bonus saat menjual Philippe Coutinho. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bila Barcelona menjual Philippe Coutinho di bursa transfer Januari, maka Liverpool akan kehilangan kesempatan mendapatkan uang dalam jumlah besar.

Liverpool melepas Coutinho ke Barcelona dengan transfer £105 juta. Namun jumlah itu bisa bertambah besar seiring dengan adanya sejumlah tambahan bonus terkait penampilan Coutinho.

Dikutip dari Mirror, total bonus yang bisa didapat oleh Liverpool bahkan bisa mencapai angka £37 juta [Rp671,5 M]. Namun angka dalam jumlah besar tersebut bisa menguap begitu saja bila Coutinho pergi di bulan Januari.


Pasalnya, bonus-bonus tersebut memiliki sejumlah syarat untuk bisa dikucurkan. Misalnya saja bonus sebesar £4,4 juta di setiap 25 laga yang dijalani Coutinho bersama Barcelona. Bonus per 25 laga ini terus berlanjut hingga Coutinho menjalani 100 penampilan bersama Barcelona.
Philippe Coutinho sulit mendapatkan posisi inti di Barcelona.Philippe Coutinho sulit mendapatkan posisi inti di Barcelona. (REUTERS/Juan Medina)
Sejauh ini, Liverpool sudah mendapatkan bonus £4,4 juta hasil lolos ke Liga Champions dan £4,4 juta untuk 25 penampilan perdana lantaran Coutinho saat ini sudah mengoleksi 34 penampilan.

Namun bila Coutinho pergi di bulan Januari, maka Liverpool bisa kehilangan potensi bonus tambahan dari Barcelona sebesar £22 juta (Rp399,1 miliar). Bonus-bonus yang mungkin menghilang adalah £4,4 juta untuk keberhasilan Barcelona lolos ke Liga Champions dan £4,4 juta bila Barcelona memenangkan Liga Champions.

Posisi Coutinho di Barcelona sendiri dalam ketidakpastian. Coutinho kini mulai tersisih dan sulit mendapatkan kepercayaan sebagai pemain inti. Hal tersebut membuat rumor kepergian Coutinho dari Barcelona berembus kencang, padahal ia baru satu tahun ada di Camp Nou. (ptr/sry)