5 Bintang Sepak Bola yang Juga Perokok

CNN Indonesia | Sabtu, 19/01/2019 11:32 WIB
5 Bintang Sepak Bola yang Juga Perokok Diego Maradona sudah aktif merokok sejak masa dirinya masih jadi pemain. ( Reuters/Carl Recine)
Jakarta, CNN Indonesia -- Merokok bertolak belakang dengan olahraga, namun ada sejumlah pemain bintang sepak bola yang juga aktif merokok selama kariernya di lapangan hijau.

Sepak bola adalah olahraga yang butuh keterampilan otak maupun fisik. Sedangkan merokok sering diidentikkan dengan merusak kesehatan.

Namun sejumlah pemain bintang sepak bola ini mampu membuktikan bahwa mereka tetap tampil hebat meskipun dikenal sebagai pemain aktif.


Berikut lima pemain bintang yang juga dikenal sebagai perokok:

1. Johan Cruyff

Johan Cruyff adalah sosok yang terkenal dan identik dengan total football milik Belanda yang dikembangkan di tahun 1970-an. Di balik kehebatan Cruyff, legenda sepak bola Belanda itu ternyata merupakan perokok aktif.

Cruyff bahkan disebut bisa menghabiskkan 40 batang rokok dalam sehari saat ia masih muda.

Johan Cruyff (kiri) dikenal sebagai perokok aktif saat masih bermain.Johan Cruyff (kiri) dikenal sebagai perokok aktif saat masih bermain. (AFP PHOTO / LLUIS GENE)
Cruyff meraih kesuksesan besar bersama Ajax saat dirinya bisa memenangi delapan gelar Liga Belanda, tiga trofi European Cup (sekarang Liga Champions), dan Piala Interkontinental.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa. Visi bermain sebagai gelandang tengah menempatkan dirinya jadi salah satu gelandang jenius yang pernah ada di dunia.

Zidane tertangkap kamera tengah merokok jelang laga semifinal antara Prancis melawan Portugal di Piala Dunia 2006. Di laga tersebut, Prancis berhasil mengalahkan Portugal lewat gol penalti Zidane di menit ke-33.

Zinedine Zidane sempat tertangkap kamera tengah merokok jelang semifinal Piala Dunia 2006.Zinedine Zidane sempat tertangkap kamera tengah merokok jelang semifinal Piala Dunia 2006. (AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)
Namun perjalanan Zidane dan Prancis berakhir mengecewakan lantaran mereka kalah dari Italia di babak final.

3. Diego Maradona

Diego Maradona adalah tipe pemain yang berada di level yang jauh di atas pemain-pemain lainnya. Ia bahkan dianggap sebagai dewa oleh banyak orang.

Di balik kejeniusannya, Maradona merupakan salah satu pemain yang tergolong bengal. Maradona juga merupakan salah satu pemain yang merokok sepanjang kariernya.

4. Paul Gascoigne

Timnas Inggris pernah punya Paul Gascoigne, gelandang pintar yang juga dikenal indisipliner. Selain gemar mabuk, Gascoigne juga merupakan perokok aktif di masa bermain.

Gascoigne yang aktif merokok saat membela Lazio menyatakan bahwa dirinya merokok untuk menjaga berat badannya tetap ideal.

Paul Gascoigne adalah salah satu pemain hebat namun dikenal indisipliner.Paul Gascoigne adalah salah satu pemain hebat namun dikenal indisipliner. (AFP PHOTO / PRESS ASSOCIATION FILES / NEIL MUNNS)
5. Wayne Rooney

Wayne Rooney adalah legenda Manchester United dan timnas Inggris. Rooney adalah pemegang rekor gol terbanyak untuk kedua tim tersebut.


Rooney sempat beberapa kali tertangkap kamera tengah merokok. Namun Rooney sendiri berhasil membuktikan bahwa merokok tidak menyurutkan penampilannya di lapangan. (ptr/sry)