Jose Mourinho Bangga pada Petr Cech

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 06:35 WIB
Jose Mourinho Bangga pada Petr Cech Jose Mourinho pelatih pertama Petr Cech di Liga Inggris. (REUTERS/Rebecca Naden)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jose Mourinho mengaku bangga pernah menjadi pelatih pertama Petr Cech di Liga Primer Inggris saat memperkuat Chelsea.

Mourinho dan Chelsea tiba pada musim yang sama, yakni 2004/2005. Keduanya berhasil merayakan gelar Liga Primer pada musim pertamanya di Inggris.

Kebersamaan pelatih dan pemain ini hanya berlangsung selama tiga musim. Sebab, Mourinho memilih berpetualang ke Liga Italia bersama Inter Milan pada 2007 dan Cech tetap bertahan di London.


Keduanya kembali bertemu pada 2013 setelah Mourinho memutuskan untuk kembali ke Chelsea. Namun, kedua pisah jalan di tahun 2015. Cech ke Arsenal sementara Mourinho sempat menganggur sebentar sebelum resmi pindah ke Manchester United.

Mou merasa terhormat bisa melatih Cech di musim pertamanya di Liga Inggris. Ia tak pernah menyesal memberikan kepercayaan kepada Cech sejak usia muda.

"Saya merasa terhormat bisa menjadi manajer yang menyaksikan Cech sejak usia muda. Memberikan kepercayaan berseragam nomor satu di klub papan atas Liga Primer," ujar Mourinho dikutip Sky Sports.
Petr Cech memutuskan pensiun di akhir musim.Petr Cech memutuskan pensiun di akhir musim. (Reuters / John Sibley)
Pria asal Portugal itu kagum dengan catatan gemilang Cech yang terbilang sebagai salah satu kiper terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

"Setelah hari itu, semuanya tentang dia. Semuanya berbicara tentang angka-angkanya, performa, clean sheet, gelar, dan juga profesionalitasnya."

"Ini menjadi sebuah kehilangan besar untuk sepak bola tapi sejarah tidak bisa dihapus. Selamat untuk karier yang menakjubkan," tutur Mourinho.

Cech sudah 15 tahun berkarier di Liga Primer dan memutuskan pensiun pada akhir musim ini. Kiper berusia 36 tahun itu lebih banyak mencicipi gelar bergengsi di Chelsea mulai dari juara Liga Primer, Piala FA, Liga Champions, hingga Liga Europa. Sementara di Arsenal Cech hanya mampu mengangkat satu gelar Piala FA dan Community Shield. (jun/bac)