Pimpin Latihan Perdana di Persija, Ivan Kolev Genjot Taktik

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 11:05 WIB
Pimpin Latihan Perdana di Persija, Ivan Kolev Genjot Taktik Pimpin latihan perdana di Persija, Ivan Kolev langsung menggenjot taktik. (dok. Persija Jakarta)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih asal Bulgaria, Ivan Kolev memimpin latihan Persija Jakarta di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (16/1) pagi. Di latihan perdananya, Kolev langsung menggenjot aspek taktik.

Pada latihan perdana Kolev ada lima pemain yang absen; Bambang Pamungkas, Andritany Ardhiyasa, Sandi Sute, Marko Simic dan Rezaldi Hehanusa. Selebihnya, pemain mengikuti sesi latihan pagi, termasuk dua pemain asing anyar Macan Kemayoran, Jakhongir Jalilov dan Bruno Matos.

Kolev mengaku memberikan program yang sesuai dengan tujuan Persija musim ini. Ia pun tak menunggu lama untuk langsung memasukkan materi teknik permainan meski diselingi dengan materi kecepatan fisik.


"Di materi saya selalu ada semuanya, teknik, fisik, taktik, gaya permainan dan strategi karena kita tahu kita akan ada pertandingan di Piala AFC," kata Kolev usai latihan.

Menurut pelatih 61 tahun, Piala AFC memiliki level pertandingan yang cukup tinggi. Untuk itu, ia berusaha membawa timnya untuk bisa mencapai level yang sama yang menurutnya itu sangat mumungkinkan untuk dilakukan.

Meski begitu, pelatih yang pernah melatih Macan Kemayoran di era 1999/2000 itu enggan bicara soal materi pemain yang dimilikinya saat ini. Ia hanya menyebut Persija memiliki kualitas pemain yang sangat bagus saat menjadi juara di Liga 1 2018.

Ivan Kolev pimpin latihan perdana di Persija Jakarta. (Ivan Kolev pimpin latihan perdana di Persija Jakarta. (Foto: CNN Indonesia/Titi Fajriah)
"Kami harus lihat kondisi pemain. Kalau mereka punya kondisi yang sama [seperti saat Persija jadi juara musim lalu], saya yakin kami bisa menang lawan siapa pun," terangnya.

Soal target, Kolev masih enggan untuk menjelaskan secara detail saat ini. Termsuk berbicara soal taktik, strategi dan pola permainan yang bakal ia terapkan ke tim Macan Kemayoran nantinya.


"Ini baru latihan pertama, saya belum bisa bicara banyak. Saya mau lihat kualitas pemain setelah itu kita bisa pilih. Buat saya seperti biasa, setiap klub bebannya tinggi sekali. Tim mau mencapai hasil yang bagus, Persija juga, saya juga dan itu biasa buat saya," jelasnya.

Kurang Pemain Bertahan

Terkait materi pemain, Kolev yang pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia di era 2002-2004 san 2007 itu mengaku masih belum bisa menyebut kekurangan materi pemain. Apa yang ia lihat di latihan perdana disebut masih sangat awal untuk menentukan kualitas pemain yang dimilikinya saat ini.

Saat ini Persija masih memiliki satu slot pemain untuk mengisi kuota pemain asing jelang kompetisi Liga 1 2019 yang bakal mengisi posisi bertahan. Kolev pun tak memiliki kriteria khusus sebagai pilihan pemainnya tersebut.

"Terpenting dia harus pemain yang bisa main dengan sukses di Indonesia. Tidak ada pengaruhnya datang dari [negara] mana, yang penting bisa bantu Persija," ungkapnya.

Kolev bakal memulai debut pertandingan bersama Persija di babak 32 besar Piala Indonesia menghadapi 757 Kepri Jaya FC di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Rabu (23/1). Setelah itu, Persija bakal tampil perdana di kualifikasi babak pertama Liga Champions Asia melawan Home United di Stadion Nasional Singapura, Selasa (5/2).

"Kami tidak ada waktu untuk uji coba [jelang tampil di Liga Champions Asia] Tanggal 23 kita sudah main. Jadi, kita akan gunakan Piala Indonesia sebagai persiapan ke Piala AFC dan Liga Champions Asia," tandasnya. (TTF/bac)