Bek Persija Yakin Kolev Tak Kesulitan Beradaptasi

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 12:48 WIB
Bek Persija Yakin Kolev Tak Kesulitan Beradaptasi Bek Persija, Maman Abdurrahman, yakin Ivan Kolev tak akan kesulitan beradaptasi. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bek Persija Jakarta, Maman Abdurrahman, yakin pelatih baru tim Macan Kemayoran Ivan Kolev tidak akan kesulitan beradaptasi dengan para pemain.

Keyakinan Maman muncul karena kompetisi sepak bola di Indonesia bukan pengalaman baru buat pelatih asal Bulgaria tersebut.

Maman mengatakan selain sudah mengenal pemain-pemain di Indonesia, Kolev juga bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Hal itu dianggap Maman bisa memudahkan Kolev untuk beradaptasi dengan gaya permainan dan karakter pemain.


Apalagi, lanjut Maman, Kolev juga sudah mengenal beberapa pemain senior yang ada di Persija seperti dirinya, Bambang Pamungkas, dan Ismed Sofyan. Ketiganya diharapkan bisa menjadi penyambung lidah untuk pemain muda lainnya di tim.

"Jadi mungkin Insya Allah bisa memudahkan untuk adaptasi ke pemain-pemain yang baru. Semoga semua bisa mempermudah adaptasi dia di dalam tim ini," ujar Maman usai latihan di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (15/1).

Ivan Kolev tangani Persija gantikan Stefano 'Teco' Cugurra. (Ivan Kolev tangani Persija gantikan Stefano 'Teco' Cugurra. (AFP PHOTO/ ADEK BERRY)
Lanjut Maman, Kolev adalah sosok pelatih yang secara individu sangat disiplin dan cukup 'cerewet'. Ketika pemain kehilangan bola, Kolev terus mendesak para pemainnya cepat merebut bola kemudian melakukan serangan balik.

Maman mengakui tak mudah bagi Persija untuk bisa mempertahankan gelar juara yang diraih di Liga 1 2018. Titel juara itu juga menjadi tantangan besar buat Kolev yang datang menggantikan Stefano 'Teco' Cugurra sebagai pelatih Macan Kemayoran.

Kolev sudah pernah mencicipi kursi pelatih Persija di musim 1999/2000, Mitra Kukar (2005/2006), Persipura Jayapura (2006/2007), Sriwijaya FC (2010/2011) dan terakhir di PS Tira pada 2017 silam. Ia juga pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia dengan raihan terbaik meraih runner up di Piala Tiger pada 2002.

Maman berharap pelatih 61 tahun itu bisa membawa perubahan yang bagus bagi Persija. Terlebih materi pemain saat ini tidak terlalu banyak mengalami perubahan.

"Mudah-mudahan arahnya akan tetap baik," ucap Maman. (TTF/bac)