Pemain Timnas Indonesia U-22 Netral Bahas Debat Capres 2019

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 10:48 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-22 Netral Bahas Debat Capres 2019 Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 ingin netral membahas debat capres 2019. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 berusaha netral dalam membahas debat perdana pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia 2019.

Bertempat di Hotel Bidakara, Jakarta debat capres 2019 ini bakal mempertemukan pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Kamis (17/1).

Untuk debat putaran perdana ini ada empat tema yang diangkat, yakni hukum, hak asasi manusia (HAM), korupsi, dan terorisme.

"Duh, saya pribadi tidak berani berkomentar perihal politik. Tahun-tahun sensitif," kata gelandang Timnas Indonesia U-22 Hanif Sjahbandi kepada CNNIndonesia.com.


"Ya saya berusaha senetral mungkin. Dan siapapun yang terpilih sebagai presidennya nanti, saya berharap hal baru yang muncul untuk dunia olahraga terutama sepak bola. Siapapun itu, saya berharap dapat menjadi suntikan semangat bagi kami," katanya menambahkan.

Gelandang Timnas Indonesia U-22, Hanif Sjahbandi ingin berusaha netral membahas soal debat capres 2019. (Gelandang Timnas Indonesia U-22, Hanif Sjahbandi ingin berusaha netral membahas soal debat capres 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Senada dengan Hanif, kiper Timnas Indonesia Awan Setho Raharjo pun mengaku tidak berpihak ke kubu manapun.

"Waduh bagaimana ini komentarnya ya, soalnya saya netral ini. Sebagai anggota [polisi] tidak boleh komentar pihak manapun. Maaf sebelumnya ya," ucap anggota Kepolisian Republik Indonesia berpangkat Brigadir Polisi Dua tersebut.

Mantan pembawa berita Ira Koesno dan Imam Priyono sudah diplot sebagai moderator sekaligus memandu jalannya debat capres 2019 putaran pertama ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman sebelumnya menjelaskan debat capres 2019 putaran awal akan dibagi ke dalam enam segmen.

Segmen pertama berisi pemaparan visi dan misi kandidat terkait tema yang didebatkan selama 23 menit 15 detik. Kemudian segmen dua dan tiga akan menjadi kesempatan kandidat menjawab pertanyaan dari tim panel. Masing-masing segmen berdurasi 15 menit 30 detik.

Segmen keempat dan kelima akan jadi kesempat kandidat untuk saling mencecar pertanyaan. Total durasi untuk saling cecar adalah 26 menit. Debat akan ditutup di segmen enam dengan pernyataan penutip dari masing-masing kandidat. (map/bac)