Muhammad Ali Jadi Nama Bandara

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 21:16 WIB
Muhammad Ali Jadi Nama Bandara Nama Muhammad Ali diabadikan jadi nama bandara di Louisville. (REUTERS/Jorge Nunez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama legenda tinju, Muhammad Ali resmi dijadikan nama bandar udara di Louisville yang merupakan kampung halamannya.

Louisville yang merupakan kampung halaman Muhammad Ali resmi mengganti nama bandar udara yang ada di lokasi mereka. Jajaran direksi bandara tersebut memutuskan untuk mengubah nama bandara menjadi The Louisville Muhammad Ali International Airport.

"Muhammad Ali menjadi salah satu sosok yang dikenal baik oleh publik dunia dan meninggalkan warisan besar terhadap kemanusiaan dan olahraga serta memberikan inspirasi kepada miliaran orang."


"Penting bagi kami, warga kota ini, untuk menempatkan warisan peninggalan sang juara dan saya rasa penamaan bandara merupakan sebuah langkah yang indah," ucap Walikota Greg Fischer dikutip dari Boxingscene.

Muhammad Ali memberikan inspirasi bagi banyak petinju yang menjalani karier setelah era dirinya.Muhammad Ali memberikan inspirasi bagi banyak petinju yang menjalani karier setelah era dirinya. (REUTERS/Teddy Blackburn)
Istri Muhammad Ali, Lonnie Ali mengaku bangga dengan keputusan tersebut.

"Muhammad Ali adalah milik dunia namun dia tak pernah lupa kota yang memberikan permulaan bagi dirinya," ujar Lonnie.

Muhammad Ali sendiri pernah menyanjung Louisville seusai menaklukkan George Foreman.

"Saya kini dikenal di seluruh dunia namun kehebatan saya datang dan bermula di Louisville," kata Ali saat itu.

Muhammad Ali sering disebut sebagai petinju terhebat sepanjang masa. Muhammad Ali dikenal dengan gaya bertarungnya yang menghibur plus mulut besar yang dimilikinya. Muhammad Ali tidak pernah menutup-nutupi kesombongannya dan hal itu justru membuat dirinya makin dipuja dan dikenal sebagai salah satu legenda olahraga terhebat di dunia.

Muhammad Ali meninggal dunia pada 3 Juni 2016 pada usia 74 tahun. (ptr/nva)