Persib Gelar Laga Uji Coba untuk Seleksi Pemain

CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 15:47 WIB
Persib Gelar Laga Uji Coba untuk Seleksi Pemain Ardi Idrus dan Frets Butuan menjalani sesi latihan. (CNN Indonesia/Huyogo Simbolon)
Bandung, CNN Indonesia -- Persib Bandung mengagendakan laga uji coba pramusim pekan depan untuk menentukan materi pemain pada Liga 1 2019.

Dedi Kusnandar dan kawan-kawan direncanakan menjalani laga pramusim pertama pada Selasa (22/1), namun belum diketahui kesebelasan yang akan dihadapi oleh Maung Bandung yang kini berada di bawah arahan pelatih Miljan Radovic.
"Uji coba itu bertujuan hanya untuk melihat siapa pemain yang akan dipertahankan atau dilepas. Kita akan lihat secara bertahap dengan tidak cepat-cepat ambil keputusan untuk melepas pemain," kata asisten pelatih Budiman di Bandung, Kamis (17/1).

Budiman mengatakan uji coba memang sangat penting dilakukan klub untuk mengisi persiapan menghadapi kompetisi. Selain menghindari kejenuhan berlatih, uji coba kali ini juga bisa dipakai untuk persiapan menghadapi Piala Indonesia 2018 yang akan digelar pekan depan.

"Kalau dilihat kondisinya [pemain] mungkin baru 70-80 persen. Ada juga pemain yang mungkin selama liburan kurang melakukan aktivitas jadi pas latihan kemarin dalam tiga hari ini kelihat agak di bawah performanya," katanya.


Persib Berencana Gelar Laga Uji Tanding untuk Seleksi PemainPemain Persib Bandung melakukan latihan fisik jelang Liga 1 2019. (CNNIndonesia/Huyogo Simbolon)
Budiman menambahkan, selama ini program latihan dilakukan dua kali sehari yang digelar pagi dan sore hari. Program itu dilakukan karena ingin meningkatkan kondisi fisik.

"Coach [Radovic] ingin pemain yang aktif menyerang dan pressing di atas. Memainkan bola pendek yang cepat. Hampir sama dengan formasi 4-3-3 yang mengandalkan pemain dengan kecepatan dan kerja keras," ujarnya.

Salah satu gelandang Persib Kim Jeffrey Kurniawan mengaku terkesan dan dapat beradaptasi dengan baik di bawah arahan Radovic yang diakui memiliki perbedaan dengan pelatih sebelumnya karena lebih variatif dan lebih banyak menggunakan bola.

Setelah sempat memimpin latihan Persib, Radovic harus meninggalkan skuat Maung Bandung karena mengikuti kursus lisensi kepelatihan UEFA Pro.

"Dia [Radovic] bagus, sayangnya dia langsung harus meninggalkan kita. Tapi enggak apa-apa, masih ada asisten yang menjalani program. Coach Radovic orangnya baik, ramah kepada saya dan juga sama semua pemain. Kesan pertama ini saya senang dilatih oleh coach Radovic," ujarnya.

Perpanjangan Kontrak Ghozali

Gelandang sayap Persib Bandung Ghozali Siregar resmi memperpanjang kontrak di skuat Maung Bandung dengan ikatan kerja sama dua tahun.
"Alhamdulilah bisa menjadi bagian Persib lagi di tahun 2019. Dengan kontrak dua tahun ini tanggung jawabnya lebih besar karena harus kasih yang terbaik lagi tahun ini seperti tahun kemarin," kata pemain yang akrab dipanggil Ghozali ditemui usai mengikuti sesi latihan Persib, Kamis (17/1).

"Karena kemarin kan prestasi saya di sini cukup memuaskan kenapa tidak diteruskan. Ya pokoknya kalau main di Bandung itu terasa semangatnya saat stadion penuh. Luar biasa," ujarnya.

Selama satu musim berkostum Persib, Ghozali merasa betah. Sempat diragukan di awal musim, mantan pemain PSM Makassar itu mampu menunjukkan kualitas di atas lapangan dengan mengemas enam assist dan lima gol di musim 2018. (hyg/ptr)