Daftar Tim Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2019

Bowie Haryanto, CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 07:41 WIB
Daftar Tim Lolos ke 16 Besar Piala Asia 2019 Timnas Jepang lolos sebagai juara Grup F. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Babak grup Piala Asia 2019 sudah berakhir, Kamis (17/1). Berikut daftar tim yang lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2019.

Dari Grup A, tuan rumah Uni Emirat Arab berhasil lolos sebagai juara grup. Dengan torehan lima poin, UEA unggul atas Thailand dan Bahrain yang sama-sama mengumpulkan empat poin. Bahrain lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Juara bertahan Australia harus kerja keras di babak grup untuk bisa lolos sebagai runner-up Grup B. Dengan koleksi enam poin, Australia kalah satu poin dari Yordania yang berhasil menjadi juara grup.


Dari Grup C, ada tiga tim yang lolos: Korea Selatan, China, dan Kirgistan. Korea Selatan yang sudah diperkuat penyerang Tottenham Hotspur Son Heung-min berhasil menjadi juara grup dengan nilai sempurna.

Timnas Australia harus kerja keras untuk lolos ke babak selanjutnya.Timnas Australia harus kerja keras untuk lolos ke babak selanjutnya. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
China menjadi runner-up dengan torehan enam poin. Sementara Kirgistan tetap lolos meski sempat kalah dari China dan Korsel di dua laga awal. Kemenangan atas Filipina 3-1 di laga terakhir Grup C membuat Kirgistan lolos sebagai salah satu tim peringkat tiga terbaik.

Di Grup D, Vietnam menjadi tim kedua asal Asia Tenggara yang memastikan lolos setelah menjadi salah satu tim peringkat tiga terbaik. Kemenangan atas Yaman 2-0 pada laga terakhir memastikan langkah Vietnam.

Iran berhasil menjadi juara Grup D setelah pada laga terakhir menahan imbang Irak tanpa gol. Sama-sama mengoleksi tujuh poin, Iran unggul selisih gol atas Irak.

Timnas Thailand lolos sebagai runner-up Grup A.Timnas Thailand lolos sebagai runner-up Grup A. (Karim Sahib / AFP)
Qatar dan Arab Saudi menjadi dua tim yang lolos dari Grup E. Qatar menjadi juara grup setelah lolos dengan nilai sempurna (9), sedangkan Arab Saudi menjadi runner-up.

Di grup terakhir atau Grup F, Jepang juga lolos dengan nilai sempurna setelah menang 2-1 atas Uzbekistan di laga terakhir, Kamis (17/1). Runner-up menjadi milik Uzbekistan dengan nilai enam, sementara Oman lolos sebagai peringkat tiga terbaik dengan koleksi tiga poin.

Daftar tim di babak 16 besar Piala Asia 2019:

Grup A:
Uni Emirat Arab (Juara Grup)
Thailand (Runner-up)
Bahrain (Peringkat Tiga Terbaik)

Grup B:
Yordania (Juara Grup)
Australia (Runner-up)

Grup C:
Korea Selatan (Juara Grup)
China (Runner-up)
Kirgistan (Peringkat Tiga Terbaik)

Grup D:
Iran (Juara Grup)
Irak (Runner-up)
Vietnam (Peringkat Tiga Terbaik)

Grup E:
Qatar (Juara Grup)
Arab Saudi (Runner-up)

Grup F:
Jepang (Juara Grup)
Uzbekistan (Runner-up)
Oman (Peringkat Tiga Terbaik) (har/har)