Susunan Acara Kongres PSSI 2019, Evaluasi Jadi Agenda Utama

CNN Indonesia | Minggu, 20/01/2019 06:15 WIB
Susunan Acara Kongres PSSI 2019, Evaluasi Jadi Agenda Utama Ilustrasi Kongres PSSI. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Evaluasi PSSI selama tahun lalu akan menjadi salah satu bahasan utama dalam kongres tahunan induk sepak bola Indonesia 2019 di Hotel Sofitel, Bali, yang dimulai pukul 09.00 waktu setempat pada Minggu (20/1).

Kongres tersebut akan diikuti 85 pemilik suara yang juga anggota PSSI. Para pemilik suara itu terdiri dari 34 Asprov, 18 klub Liga 1, 16 klub Liga 2, 16 klub Liga 3, dan Asosiasi Futsal.

"Agenda utamanya karena ini kongres tahunan, adalah evaluasi [PSSI selama] 2018. Sekalipun temanya sederhana, pasti kami semua ingin melakukan pendalaman terhadap semua hal yang kami lalui," kata Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono kepada CNNIndonesia.com pada Sabtu (19/1).


"Kedua, mengenai program dan anggaran tahun 2019. Itu yang paling utama," katanya menambahkan.

Mengenai keamanan, Joko mengatakan PSSI telah mendapatkan izin dari kepolisian dan proses adminsitratif dipenuhi Kepolisian Daerah di Bali. Ia berharap kongres tersebut berjalan dengan suasana damai.

Susunan Acara Kongres PSSI 2019, Evaluasi Jadi Agenda UtamaIwan Budianto, Edy Rahmayadi, dan Joko Driyono menjadi pejabat PSSI sejak dipilih pada Kongres PSSI 2016. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
"Kami tidak ingin memprofilkan kongres ini sebagai acara yang tidak natural. Kami yakin semua berjalan dengan baik," ucap dia.

Lebih lanjut, Joko mengakui pekerjaan PSSI masih banyak yang perlu dikerjakan tahun ini.

"Dan tahun-tahun yang akan datang, pekerjaan kami masih banyak. Tantangan dan target tinggi, yang diinginkan kami dan masyarakat sepak bola sangat banyak dan berat," ujar Joko.

"Karena esensi kongres ini adalah meletakkan rancangan program dan action plan. Tentu diikuti semua elemen pendukung. Secara umum, ini [Kongres PSSI] harus bawa spirit," ujarnya melanjutkan.

Berikut susunan acara Kongres PSSI hari ini:

1. Roll Call

2. Pernyataan bahwa kongres telah sesuai dengan statuta

3. Pengesahan nama petugas notulensi dan pemeriksa berita acara kongres

4. Pengesahan agenda kongres

5. Pidato Ketua Umum PSSI

6. Laporan 2018:

a. Laporan kegiatan 2018

b. Laporan keuangan 2018

c. Laporan Federasi Futsal Indonesia

d. Laporan PT Liga Indonesia Baru

7. Program 2019:

a. Rencana program 2019

b. Rencana anggaran 2019

8. Pengangkatan, peresmian, pemberhentian orang atau badan

9. Pengesahan anggota

10. Penutup (nva/bac)