Kalahkan Yordania, Vietnam ke Perempat Final Piala Asia 2019

CNN Indonesia | Minggu, 20/01/2019 20:52 WIB
Kalahkan Yordania, Vietnam ke Perempat Final Piala Asia 2019 Vietnam ke perempat final Piala Asia 2019 usai kalahkan Yordania lewat adu penalti. (Karim Sahib / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Vietnam lolos ke babak perempat final Piala Asia 2019 setelah menang adu penalti 4-2 atas Yordania di babak 16 besar di Stadion Al Maktoum, Minggu (20/1). Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal dan babak tambahan.

Yordania tampil menggebrak sejak menit awal. Di menit ke-17 Yousef Rawshdeh yang mendapat pengawalan dari bek Vietnam melepaskan tembakan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun kiper Dang Van Lam bisa menangkap sepakan Rawshdeh dengan baik.

Yordania mendapat peluang emas untuk bisa unggul pada menit ke-20. Hanya saja, tendangan kaki kanan striker Yassine Mahmoud Al Bakheet yang berdiri cukup bebas di depan gawang Vietnam justru melayang jauh dari sasaran.


Vietnam yang tidak diunggulkan dalam laga ini tetap memberikan perlawanan kepada Yordania. Hanya saja, tekanan tim asuhan Park Hang-Seo ini masih bisa diredam lini belakang lawan.

Sementara, Yordania yang memiliki serangan balik cepat kerap memberikan sinyal bahaya untuk The Golden Star, julukan timnas Vietnam. Sayap kanan Yordania Musa Al Taamari kembali membuat lini belakang Vietnam ketar-ketir setelah tendangan kaki kirinya bisa ditangkap kiper.

Doan Van Hau sempat memberikan ancaman kepada Yordania di menit ke-35. Namun tendangan kaki kiri Van Hau bisa diblok kiper Amer Shafi.

Vietnam (merah) sukses memberikan perlawanan dan kesulitan kepada Yordania.Vietnam (merah) sukses memberikan perlawanan dan kesulitan kepada Yordania. (Karim Sahib / AFP)
Yordania baru bisa membobol gawang Vietnam pada menit ke-39. Tendangan bebas Bahaa Abdulrahman dari sisi kanan pertahanan ke arah sudut kiri atas gawang tidak bisa dijangkau kiper Dang Van Lam.

Di menit-menit akhir jelang babak pertama selesai, Vietnam beberapa kali melepaskan tendangan ke gawang Yordania guna bisa menyamakan kedudukan. Namun hingga peluit panjang ditiupkan, skor tetap 1-0 untuk keunggulan Yordania.

Penantian Vietnam untuk mencetak gol balasan tercipta di menit ke-51. Gelandang Phan Van Duc sukses menyontek bola umpan silang Nguyen Trong Huang. Sontekan kaki kanan Van Duc ke sisi tengah gawang tidak bisa ditepis kiper Shafi.

Yordania unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol Bahaa Abdulrahman.Yordania unggul lebih dulu di babak pertama melalui gol Bahaa Abdulrahman. (Karim Sahib / AFP)
Di babak kedua ini serangan Vietnam terlihat lebih efisien dan membahayakan gawang Yordania. Di menit ke-60 Phan Van Duc sukses melewati adangan kiper Shafi, tetapi sontekannya hasil umpan Nguyen Quang Hai bisa disapu bersih bek Yordania.

Seperti di babak pertama, Vietnam selalu mencoba memanfaatkan setiap peluang yang ada untuk menjadi gol. Beberapa kali Que Ngoc Hai dan kawan-kawan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang masih bisa diantisipasi kiper Yordania. Tanpa ada tambahan gol lagi di sisa laga, pertandingan selama 90 menit berakhir imbang 1-1 dan dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Dalam dua babak pertama tambahan waktu, kedua tim terlihat berhati-hati dalam menampilkan permainan. Vietnam dan Yordania sama-sama mengandalkan umpan dari kedua sayap. Tidak banyak peluang yang dihasilkan. Di dua babak tambahan waktu Vietnam lebih mendominasi permainan. Pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Vietnam akhirnya memastikan lolos ke perempat final Piala Asia 2019 setelah menang adu penalti 4-2 atas Yordania. Vietnam sukses mengeksekusi penalti melalui Que Ngoc Hai, Do Hung Dung, Luong Xuan Trong, dan Bui Tien Dung. Sementara Yordania hanya sukses melalui Bahaa Abdulrahman serta Ahmad Ersan.

Di babak perempat final, Vietnam menunggu pemenang antara dua tim kuat Asia, Jepang vs Arab Saudi, yang akan bertanding pada Senin (21/1).

Susunan pemain:

Yordania: Amer Shafi; Feras Shelbaieh, Tareq Khattab, Anas Bani Yaseen, Salem Al Ajalin; Musa Al Taamari, Bahaa Abdulrahman, Saeed Murjan, Khalil Baniateyah; Yusef Al Rawashdeh, Yassine Mahmoud Al Bakheet.

Vietnam: Dang Van Lam; Nguyen Trong Hoang, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung I, Doan Van Hau; Nguyen Quang Hai, Nguyen Huy Hung, Do Hung Dung, Phan Van Duc; Nguyen Cong Phuong. (sry/sry)