Kalahkan Oman, Iran Lawan China di Perempat Final Piala Asia

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 01:51 WIB
Kalahkan Oman, Iran Lawan China di Perempat Final Piala Asia Timnas Iran ke perempat final Piala Asia 2019 menghadapi China usai mengalahkan Oman 2-0. (REUTERS/Suhaib Salem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Iran sukses mengalahkan timnas Oman di babak 16 besar Piala Asia 2019 di Stadion Stadion Mohamed bin Zayed, Uni Emirat Arab, Minggu (20/1) malam waktu setempat.

Kemenangan itu membuat Iran melaju ke perempat final dan akan melawan China. Skuat arahan Marcelo Lippi sebelumnya mampu mengalahkan Thailand 2-1 pada babak 16 besar Piala Asia.

Di awal-awal babak, Oman mendapat kesempatan emas untuk mencetak gol melalui eksekusi penalti setelah Seyed Majid Hoseini menjatuhkan Muhsen Al Ghasani di dalam kotak penalti pada satu menit laga baru dimulai.


Ahmed Al Mahajiri menjadi algojo penalti, namun gagal mencetak gol melalui tendangan titik putih tersebut.

Memasuki menit ke-32, Iran baru berhasil membobol gawang Oman berkat aksi Alireza Jahanbakhsh. Bola tendangan kaki kirinya tak mampu ditepis kiper Oman sehingga bola bersarang.

Unggul 1-0 membuat Iran semakin intensif melancarkan serangan ke pertahanan Oman. Situasi itu membuat lawan panik sehingga Saad Al-Mukhaini menjatuhkan Mehdi Taremi di dalam kotak penalti pada menit ke-39.

Wasit segera menunjuk titik putih. Penalti dilakukan Ashkan Dejagah dan ia sukses mencetak gol melalui eksekusi tersebut.

Iran mencetak gol kedua ke gawang Oman melalui eksekusi penalti. (Iran mencetak gol kedua ke gawang Oman melalui eksekusi penalti. (Foto: REUTERS/Suhaib Salem)
Oman nyaris mencetak gol ke gawang Iran melalui percobaan tendangan kaki kanan Al Ghassani pada menit ke-44. Namun, bola tendangannya masih mampu tepis kiper Iran.

Di babak kedua, Oman mencoba membangun serangan setelah tertinggal 0-2 dari Iran. Namun, upaya itu kerap mengalami kebuntuan karena pertahanan solid Iran.

Tak ada gol lagi pada babak kedua tersebut dan Iran memastikan ke perempat final Piala Asia 2019 dengan kemenangan 2-0 atas Oman.

Iran bakal bersua China pada babak perempat final di Stadion Mohamed Zayed, 27 Januari. (bac/bac)