Barcelona Kalahkan Leganes 3-1 di Liga Spanyol

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 04:43 WIB
Barcelona Kalahkan Leganes 3-1 di Liga Spanyol Barcelona kalahkan Leganes 2-1 berkat gol Luis Suarez. (REUTERS/Albert Gea)
Jakarta, CNN Indonesia -- Barcelona kalahkan Leganes 3-1 pada laga pekan ke-20 La Liga Spanyol di Stadion Bernabeu, Minggu (20/1) malam waktu setempat.

Gol-gol kemenangan Barca dicetak Ousmane Dembele, Luis Suarez, dan Lionel Messi. Tim tamu sempat memberikan perlawanan di awal-awal babak sehingga membuat Barca kesulitan menembus pertahanan tim lawan.

Penyerang Ousmane Dembele yang tampil sebagai starter pada laga itu sempat memberikan ancaman di pertahanan Leganes melalui pergerakannya. Dembele menggiring bola melewati Silva dan Siovas di sisi pertahanan lawan, kemudian melepaskan umpan tarik. Namun, tak ada pemain Blaugarana yang menyambutnya.


Barcelona baru bisa membobol gawang Leganes pada menit ke-32. Adalah Dembele yang bermain apik pada laga itu sebagai pencetak gol pembuka ke gawang Leganes.

Gol berawal dari serangan balik cepat Barcelona. Dembele mengiring bola di depan kotak penalti, ia mengoper bola kepada Jordi Alba yang masuk ke kotak penalti.

Barcelona Kalahkan Leganes 3-1 di Liga SpanyolLeganes sempat menyamakan skor 1-1. (REUTERS/Albert Gea)
Alba kemudian menoper kembali bola ke Dembele yang berdiri di depan gawang dan melepaskan tembakan mendatar yang mengarah ke tiang jauh tanpa bisa dihentikan kiper Leganes, Ivan Cuellar.

Pada menit ke-40, Barcelona seharusnya mendapat hadiah penalti setelah Cuellar menjatuhkan Suarez di dalam kotak penalti. Namun, wasit menilai itu bukan pelanggaran.

Laga babak pertama pun berakhir untuk keunggulan Barcelona.

Memasuki babak kedua, Barcelona kembali melancarkan serangan ke pertahanan Leganes. Blaugrana menciptakan peluang pada menit ke-48. Coutinho melepaskan tembakan keras usai mendapat umpan dari Dembele, namun bola masih melenceng ke atas gawang lawan.

Barcelona kemudian dikejutkan oleh gol Leganes menyamakan skor 1-1. Gol dicetak Martin Braithwaite menuntaskan assist umpan silang Youssef En-Nesyri dari sisi kanan.

Tim raksasa Catalonia itu pun sempat kembali mengalami kesulitan untuk mencetak gol usai disamakan oleh Leganes. Mereka baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-71.

Suarez sukses menyambar bola pantulan tendangan Lionel Messi yang ditepis kiper Cuellar. Penyerang asal Uruguay itu bergerak cepat menyerobot dan menendang bola hingga bersarang ke gawang Leganes. Messi sendiri tampil dari bangku cadangan pada menit ke-64 menggantikan Carles Arlena.

Memasuki satu menit tambahan waktu babak kedua, Messi mencetak gol sekaligus menambah skor kemenangan menjadi 3-1. La Pulga mendapatkan umpan datar ciamik dari Jordi Alba yang langsung menuntaskannya menjadi gol. Skor 3-1 bertahan hingga laga berakhir dan Barcelona memastikan tiga poin di kandang mereka.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Thomas Vermaelen, Gerard Pique, Sergi Roberto; Arthur, Sergio Busquets, Carles Alena; Philippe Coutinho, Luis Suarez, Ousmane Dembele.

Leganes (5-2-3): Ivan Cuellar; Allan Nyom, Rodrigo Tarin, Kenneth Omeruo, Dimitrios Siovas, Jonathan Silva; Mikel Vesga, Recio; Martin Braithwaite, Oscar Rodriguez, Youssef En-Nesyri. (bac/bac)