Figur Ketua PSSI Ideal Versi Mantan Pemain Timnas Indonesia

CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 14:40 WIB
Figur Ketua PSSI Ideal Versi Mantan Pemain Timnas Indonesia Susunan kepengurusan PSSI tanpa Edy Rahmayadi. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan pemain Timnas Indonesia, Nova Arianto dan I Made Wirawan, memiliki harapan mengenai pergantian kepemimpinan PSSI setelah Edy Rahmayadi mundur.

Nova yang kini menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia U-22 bahkan menyebut beberapa rekan yang pernah menghuni skuat Garuda memiliki kapasitas menduduki jabatan di PSSI.

"Saya lihat banyak di situ ada Kurniawan [Dwi Julianto], ada Bepe [Bambang Pamungkas], ada Yeyen [Tumena] yang saya lihat orang-orang ini yang punya kontribusi di sepak bola. Sebagai mantan pemain, saat ini tiga nama itu saja," kata Nova usai memimpin latihan di Stadion Madya, Senayan, Senin (21/1).


Namun mantan pemain Persebaya Surabaya dan Persib Bandung itu tidak lantas menyokong nama-nama mantan pemain Timnas Indonesia sebagai Ketua Umum PSSI.

"Banyak orang yang bisa lebih berpengalaman di situ [PSSI]. Mungkin orang profesional bakal lebih baik. Tapi di dalamnya [kepengurusan] harus ada nama mantan pemain nasional yang bisa lebih tahu tentang sepak bola di Indonesia," ungkapnya.

Harapan Mantan Pemain Timnas Indonesia Soal Figur Ketua PSSINova Arianto menjadi salah satu tim pelatih Timnas Indonesia  U-22. (CNN Indonesia/Titi Fajriyah)
Soal kriteria Ketua Umum PSSI yang baru, Nova mengatakan sosok tersebut harus memiliki pemikiran yang baik tentang sepak bola. Selain itu juga butuh orang yang jujur dan mau kerja keras untuk memajukan sepak bola Indonesia di masa yang akan datang.

Eks-penjaga gawang Timnas Indonesia yang kini membela Persib I Made Wirawan juga berharap pergantian ketua umum PSSI dapat menghadirkan masa depan sepak bola Indonesia yang lebih cerah.

Harapan Mantan Pemain Timnas Indonesia Soal Figur Ketua PSSII Made Wirawan berharap kondisi sepak bola Indonesia membaik pada masa yang akan datang. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
"Kita sebagai pemain bola ya pasti berharap dengan adanya pergantian ini bisa jadi lebih baik lagi ke depannya. Terutama penataan dari segi sistem kompetisi, segalanya semoga bisa lebih baik lagi dan sepak bola Indonesia bisa lebih berprestasi lagi," ucap Made.

"Kita pengin semua kembali normal seperti semula dan kita bisa bermain di hadapan pendukung tanpa ada larangan apapun," sambungnya.

Timnas Indonesia Tak Terpengaruh

Sementara itu, Nova menambahkan keputusan Edy Rahmayadi mundur dari Ketua Umum PSSI tidak memengaruhi persiapan skuat Garuda Nusantara menuju Piala AFF 2018.

Pemain yang mendapat julukan 'Suster Ngesot' itu menilai segala kejadian di Kongres PSSI 2019, Minggu (20/1) tidak berkaitan dengan Timnas Indonesia. Sebanyak 30 pemain yang mengikuti pemusatan latihan tetap menjalankan tugasnya dengan baik.

"Kalau menurut saya di tim tidak ada masalah karena [masalah] itu di kepengurusan PSSI. Tapi saya pikir anak-anak berlatih sangat maksimal hari ini dan saya pikir kita tidak terpengaruh pergantian ketua umum," terangnya. (hyg/ptr)