Toshack: Bale Wajib Tiru Ronaldo di Real Madrid

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 10:25 WIB
Toshack: Bale Wajib Tiru Ronaldo di Real Madrid Gareth Bale sudah empat kali cedera pada musim 2018/2019. (REUTERS/Sergio Perez)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cedera menjadi masalah tersendiri bagi Gareth Bale untuk menampilkan performa impresif di Real Madrid dan menjadi pemain penting selepas Cristiano Ronaldo hengkang ke Juventus.

Kepergian Ronaldo dari Madrid pada pertengahan 2018 ke Juventus membuat Bale digadang-gadang menjadi salah satu pemain yang diharapkan dapat menjadi mesin permainan Los Blancos.

Nyatanya Bale kerap kesulitan tampil konsisten. Salah satu penyebab yang ditengarai menghambat performa Bale adalah cedera.


Mantan pelatih Madrid yang juga pernah menangani timnas Wales John Toshack mengatakan Bale punya potensi menjadi pengganti Ronaldo seandainya tidak dibelit masalah cedera.

"Cristiano bermain sebagai pemain sayap, mencetak gol dan membuat peluang bagi pemain lain. Tidak diragukan Gareth adalah salah satu pemain terbaik. Jika dia ingin melanjutkan penampilannnya dia harus mencoba dan meniru apa yang telah Cristiano lakukan."

Cedera Membuat Bale Susah Meniru Ronaldo di MadridGareth Bale tidak pernah menjalani satu musim kompetisi secara penuh karena masalah cedera. (REUTERS/Andrew Boyers)
"Jika Anda melihat apa yang telah ia capai, Anda bisa melihat dia dapat meraih lebih lagi tanpa cedera," ujar Toshack yang pernah menangani Madrid pada 1989 hingga 1990 dan 1999.

Sejak bergabung dengan Madrid pada musim 2013/2014, Bale sudah mengalami cedera sebanyak 18 kali dan tak jarang membuatnya harus absen empat hingga puluhan hari setiap kali cedera. Bahkan pada musim 2016/2017, Bale sempat mengalami cedera engkel yang membuatnya harus istirahat selama 84 hari.

Musim ini Bale sudah mengalami empat kali cedera dengan total absen mencapai 38 hari atau tujuh pertandingan.

"Dengan segala pengalamannya dia bisa bermain sedikit ke belakang dan bermain bola pendek dan membaca permainan. Saya harap dia dapat sering melakukannya, tapi cedera membuat seseorang harus mulai kembali bekerja dari awal," kata Toshack dikutip dari AS.

"Sulit baginya dan dia pantas mendapat kredit atas apa yang telah ia lakukan. Kita tidak bisa benar-benar membayangkan cedera yang dia alami. Dia kehilangan banyak pertandingan dan dia masih bisa menunjukkan perkembangan," sambungnya. (nva/har)