Kalahkan Bahrain, Korsel ke Perempat Final Piala Asia 2019

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 22:41 WIB
Kalahkan Bahrain, Korsel ke Perempat Final Piala Asia 2019 Timnas Korsel melaju ke perempat final usai mengalahkan Bahrain 2-1 di babak 16 besar Piala Asia 2019. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Korea Selatan (Korsel) mengalahkan timnas Bahrain 2-1 pada babak 16 besar Piala Asia 2019 di Stadion Rashid, Selasa (22/1), sekaligus memastikan tiket ke perempat final.

Gol pembuka keunggulan Korsel diciptakan penyerang mereka, Hwang Hee-Chan pada menit ke-43. Ia sukses menyambar bola rebound tendangan rekan setimnya, Hwang Ui-Jo yang ditepis kiper Sayed Shubbar dan bola memantul ke arah Hee-Chan.

Tertinggal 0-1, Bahrain yang awalnya lebih banyak bertahan mulai bermain terbuka melakukan serangan-serangan ke pertahanan Korsel.


Terutama di babak kedua, mereka berusaha melakukan beberapa kali percobaan ke gawang yang dikawal Kim Seung-Gyu. Salah satu peluang emas Bahrain diciptakan dari tendangan Jamal Rashed pada menit ke-69.
Bahrain mulai bermain terbuka setelah tertinggal 0-1 dari Korsel. (Foto: REUTERS/Thaier Al-Sudani
Bahrain mulai bermain terbuka setelah tertinggal 0-1 dari Korsel. (
Bola tendangan kaki kanannya di depan kotak penalti masih melebar tipis ke kanan gawang setelah sempat sedikit mengenai kaki bek Korsel.

Bahrain baru bisa membobol gawang Korsel pada menit ke-77 berkat aksi Mohamed Al Romaihi. Laju bola tendangan kaki kirinya tak mampu dibendung kiper Korsel, skor berubah menjadi 1-1.

Tak ada lagi gol pada babak kedua hingga bunyi peluit peluit panjang dan pertandingan dilanjutkan dengan babak tambahan 2x15 menit.

Memasuki babak pertama tambahan waktu, Korsel kembali melancarkan serangan-serangan menukik, termasuk dari umpan-umpan silang di sisi sayap.

Alhasil, mereka mampu membobol gawang Bahrain melalui umpan silang. Kim Jin-Su sukses menanduk assist dari Lee Young menjadi gol dan skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim Negeri Ginseng tersebut.

Memasuki babak kedua extra time, Bahrain yang mencoba melancarkan sejumlah serangan. Namun, penyelesaian akhir mereka masih terlalu lemah.

Laga pun berakhir untuk kemenangan Korsel 2-1 atas Bahrain sekaligus memastikan tiket perempat final Piala Asia 2019. Son Heung-Min dan kawan-kawan bakal menghadapi antara Qatar atau Irak yang juga akan tampil malam ini.

Susunan Pemain:

Timnas Korea Selatan (4-2-3-1): Kim Seung-gyu; Lee Yong, Kim Min-Jae, Hong Chul, Kim Young-Gwon; Jung Woo-young, Hwang In-Beom; Son Heung-Min, Hwang Hee-Chan, Lee Chung-Yong; Hwang Ui-Jo

Timnas Bahrain (4-1-3-2): Sayed Shubbar Hashem; Mohamed Marhoon, Waleed Al Hayam, Hamad Al Shamsan, Sayed Redha Isa Hashim; Abdulwahab Ali Alsafi, Kamil Al-Aswad; Ali Madan, Jamal Rashid, Sayed Saeed, Mohamed Marzooq (bac/bac)