Cak Imin: Saya Siap Memimpin PSSI

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 13:33 WIB
Cak Imin: Saya Siap Memimpin PSSI Muhaimin Iskandar mengaku siap menjadi Ketua Umum PSSI. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar yang biasa disapa Cak Imin mengaku siap menjadi Ketua Umum PSSI dan yakin bisa membawa sepak bola Indonesia berprestasi.

Pernyataan tersebut diungkapkan Cak Imin melalui akun Twitter @cakimiNOW, Rabu (23/1). Wakil Ketua MPR RI itu mengaku tertarik memimpin PSSI yang baru saja ditinggal Ketua Umum Edy Rahmayadi.

"Saya siap memimpin PSSI, biar beres, biar berprestasi, masuk gelanggang dunia," tulis Cak Imin dalam cuitannya melalui Twitter.


Meski tidak memiliki latar belakang olahraga, Cak Imin pernah menggagas Liga Pekerja saat masih menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (2009-2014). Cak Imin juga pernah dinobatkan sebagai keluarga kehormatan Arema.


Sejumlah tokoh belakangan mendapat dukungan menjadi Ketua Umum PSSI setelah Edy mengundurkan diri dalam Kongres di Bali, Minggu (20/1). Dua nama yang belakangan disebut-sebut cocok menjadi Ketua PSSI adalah Erick Thohir dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Muhaimin Iskandar siap membawa sepak bola Indonesia berprestasi.Muhaimin Iskandar siap membawa sepak bola Indonesia berprestasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Bahkan ada petisi di situs Change.org yang mendukung Erick menjadi Ketua Umum PSSI. Hingga Rabu siang pukul 13.25 WIB petisi tersebut sudah mendapat lebih dari 2.799 dukungan. Sejumlah klub Liga 1 juga sudah menyatakan dukungan Erick menjadi Ketua Umum PSSI.

PSSI sendiri saat ini dipimpin Joko Driyono yang dipilih langsung oleh Edy saat memutuskan mengundurkan diri. Keberadaan Joko Ketua Umum PSSI bisa berlangsung hingga pemilihan selanjutnya pada 2020.

Namun, jika ada 2/3 pemilik suara menghendaki Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menggelar pemilihan ketua umum lebih cepat maka PSSI harus segera mengakomodasi keinginan tersebut. (har/nva)