Daftar Pesepakbola Korban Kecelakaan Pesawat

CNN Indonesia | Sabtu, 26/01/2019 09:53 WIB
Daftar Pesepakbola Korban Kecelakaan Pesawat Pesawat yang ditumpangi skuat Chapecoense jatuh di pegunungan Kolombia. (REUTERS/Jaime Saldarriaga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah kecelakaan pesawat yang memakan korban pesepakbola banyak terjadi sebelum insiden hilangnya striker Emiliano Sala dalam perjalanan udara dengan Piper Malibu pada Senin (21/1).

Data yang dirangkum CNNIndonesia.com menyebutkan kecelakaan pesawat terbang yang membawa penumpang pesepakbola atau tim sepak bola kali pertama terjadi menimpa tim asal Italia Torino FC pada 4 Mei 1949.

Insiden tim Torino itu dikenal dengan Tragedi Superga karena terjadi di bukti Superga, Turin, Italia. Kala itu tim Torino terbang menggunakan pesawat Fiat G212CP dari maskapai Avio Linee Italiane.


Sebanyak 23 orang di skuat Torino yang terdiri dari 18 pemain dan 5 ofisial menjadi korban dalam insiden itu. Angka tersebut merupakan sebagian besar dari total 31 orang korban.

Sementara kecelakaan pesawat dengan korban terbanyak dari tim sepak bola terjadi pada insiden Chapecoense. Sebanyak 42 orang dari tim asal Brasil itu yang terdiri dari 19 pemain, 14 staf klub, dan 9 orang dewan klub menjadi korban.

Emiliano Sala (tengah) hilang saat menumpang di pesawat Piper Malibu dalam perjalanan menuju Cardiff.Emiliano Sala (tengah) hilang saat menumpang di pesawat Piper Malibu dalam perjalanan menuju Cardiff. (REUTERS/Stephane Mahe)
Skuat Chapocoense menjadi korban kecelakaan dalam perjalanan dari Bolivia menuju Kolombia pada 28 November 2016. Saat melintasi pegunungan di Kolombia pesawat LAMIA dengan nomor penerbangan 2933 mengalami kecelakaan dan menewaskan 71 orang.

Di antara peristiwa kecelakaan pesawat yang melibatkan pesepakbola, yang paling terkenal adalah Munich Air Disaster dengan memakan korban skuat Manchester United yang terkenal dengan sebutan Busby Babes pada 6 Februari 1958.

Dalam peristiwa itu delapan pemain dan tiga staf klub Man United menjadi korban. Ketika itu Setan Merah baru saja melakoni pertandingan Liga Champions dulu bernama Piala Champions melawan klub Yugoslavia, Red Star Belgrade.

Hingga saat ini total ada 12 kecelakaan yang melibatkan pemain atau tim sepak bola. Hampir setiap dekade dunia sepak bola berduka karena kecelakaan pesawat yang kebanyakan terjadi di wilayah benua Eropa, Amerika, dan Samudera Atlantik.

(map/har)