Liliyana Natsir Beri Pesan untuk Tontowi Usai Laga Terakhir

CNN Indonesia | Minggu, 27/01/2019 21:12 WIB
Liliyana Natsir Beri Pesan untuk Tontowi Usai Laga Terakhir Partai final Indonesia Masters 2019 menjadi pertandingan terakhir Liliyana Natsir. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Liliyana Natsir memberikan pesan kepada Tontowi Ahmad usai laga terakhir mereka berdua sebagai pasangan di Indonesia Masters 2019.

Liliyana memutuskan mengakhiri kariernya sebagai pebulutangkis di ajang Indonesia Masters 2019. Sementara itu, Tontowi akan tetap melanjutkan kariernya dengan pasangan baru setelah ini.

Di laga lawan Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Tontowi/Liliyana sempat memimpin 18-14 di gim kedua setelah mereka memenangkan gim pertama. Namun akhirnya mereka kalah 21-19, 19-21, 16-21 di akhir pertandingan.


Dalam momen keunggulan 18-14, Tontowi/Liliyana melakukan sejumlah kesalahan yang menguntungkan Zheng/Huang. Tontowi lebih mendapat sorotan karena ia melakukan beberapa kesalahan dalam periode tersebut.

Selama ini, Liliyana memang dikenal cukup keras terhadap Tontowi, baik di dalam maupun luar lapangan. Sebagai pemain yang punya jam terbang lebih tinggi, Liliyana memang lebih berperan sebagai pemimpin dalam duet bersama Tontowi.

"Itu yang kembali terjadi tadi [Tontowi melakukan kesalahan]. Owi pasti juga tidak mau kalah, namun tadi sedikit terburu-buru."

"Dia menyadari di poin 18-14 terlalu banyak melakukan kesalahan dalam waktu singkat, 2-3 pukulan lalu mati. Di situlah momen China bangkit," ucap Liliyana.

Liliyana Natsir Beri Pesan untuk Tontowi Usai Laga TerakhirTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sudah berpasangan sejak 2010. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Liliyana berharap Tontowi bisa lebih berperan sebagai pemimpin yang bagus selepas mendapat pasangan baru usai Liliyana pensiun. Selain itu, Liliyana meminta Tontowi untuk bisa meminimalisir kesalahan di lapangan saat bermain.

"Nanti Owi akan menggendong yang muda, yang mentalnya belum kuat. Bila ada masalah, Owi harus meredam dan cari jalan keluar," kata Liliyana.

Sifat kepimimpinan Liliyana juga diakui masih terasa hingga pertandingan terakhir.

"Terima kasih untuk Ci Butet. Sampai pertandingan terakhir, masih kasih pelajaran dan motivasi. Masih memberi saya masukan dan menunjukkan semangat yang tetap tinggi," ujar Tontowi. (ptr/nva)




BACA JUGA