Menang 3-0 atas Iran, Jepang Melaju ke Final Piala Asia 2019

nva, CNN Indonesia | Senin, 28/01/2019 22:56 WIB
Menang 3-0 atas Iran, Jepang Melaju ke Final Piala Asia 2019 Para pemain Jepang merayakan gol kedua yang dicetak Yuya Osako. (REUTERS/Thaier Al-Sudani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jepang mengalahkan Iran 3-0 dalam laga semifinal Piala Asia 2019 yang berlangsungdi Stadion Hazza bin Zayed, Al Ain, Uni Emirat Arab, Senin (28/1).

Pertandingan antara timnas Iran dan Jepang merupakan pertemuan antara dua kesebelasan yang memiliki koleksi Piala Asia terbanyak. Jepang tercatat empat kali menjadi juara, sementara Iran tiga kali mengangkat trofi.

Sejak menit awal Iran dan Jepang saling bertukar serangan demi tiket menuju babak final.


Pada menit ke-13, dari sisi kiri Yuto Nagatomo mengirim umpan datar kepada Takumi Minamino di kotak penalti. Dengan sigap Hossein Kanani melakukan blok.

Selain lewat open play, Jepang juga berupaya memanfaatkan situasi bola mati seperti yang dilakukan Maya Yoshida ketika menanduk sepak pojok Gaku Shibasaki yang hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Iran.

Aksi individu Sardar Azmoun pada menit ke-22 hampir mencetak gol andai saja Shuichi Gonda tidak melakukan penyelamatan.

Setelah setengah jam yang cukup sengit, sisa 15 menit babak pertama berlalu tanpa peluang berarti.

Menang 2-0 atas Iran, Jepang Melaju ke Final Piala Asia 2019Yuya Osako (kanan) memborong dua gol penentu langkah Jepang ke final Piala Asia 2019. (REUTERS/Suhaib Salem)
Jepang membuka keunggulan pada menit ke-56. Minamino terjatuh di dekat kotak penalti. Ketika pemain-pemain Iran melakukan protes, Minamino mengejar bola. Setelah berhasil mendapatkan bola, pemain Red Bull Salzburg itu kemudian melepas umpan lambung ke kotak penalti yang diselesaikan Yuya Osako lewat tandukan.

Enam menit berselang Alireza Jahanbakhsh berpeluang mencetak gol lewat tendangan bebas jarak jauh. Bola yang mengarah ke gawang masih dapat ditepis Gonda.

Memasuki menit ke-65 Jepang mendapat penalti. Handsball Mortaza Pouraliganji membuat wasit Chris Beath menunjuk titik putih. Setelah berkonsultasi dengan VAR tidak ada perubahan keputusan. Osako tidak menyia-nyiakan kesempatan dan membawa tim Samurai Biru unggul 2-0.

Pada masa tambahan waktu, Genki Haraguchi mencetak satu gol menyelesaikan kerja sama dengan Minamino yang membuat Jepang menang cukup telak atas Iran

Kemenangan atas Iran memastikan Jepang tampil di final Piala Asia untuk kali kelima. Lawan Jepang akan ditentukan dalam laga semifinal antara Qatar dan Uni Emirat Arab yang berlangsung Selasa (29/1).

Susunan pemain inti timnas Iran:
Alireza Beiranvand; Milad Mohamadi, Hossein Kannani, Mortaza Pouraliganji, Ramin Rezaeian; Ehsan Hajsafi, Omid Ebrahimi; Vahid Amiri, Ashkan Dejagah, Alireza Jahanbakhsh; Sardar Azmoun

Susunan pemain inti timnas Jepang:
Shuichi Gonda; Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Takehiro Tomiyasu, Hiroki Sakai; Genki Haraguchi, Wataru Endo, Gaku Shibasaki, Ritsu Doan; Takumi Minamino, Yuta Osako (nva/nva)