Pelatih Sebut Belum Ada Pebulutangkis Seperti Liliyana Natsir

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 19:17 WIB
Pelatih Sebut Belum Ada Pebulutangkis Seperti Liliyana Natsir Richard Mainaky bakal mendorong pemain-pemain muda untuk bisa tampil maksimal seusai Liliyana Natsir pensiun. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih ganda campuran Indonesia, Richard Mainaky menyebut saat ini belum ada pemain yang punya tipe bermain mirip dengan Liliyana Natsir.

Indonesia kehilangan salah satu pebulutangkis terbaik usai Liliyana memutuskan pensiun pada, Minggu (27/1). Richard mengatakan agak sulit untuk bisa menemukan pemain yang setipe dengan Liliyana. Sebab, setiap atlet memiliki karakter yang berbeda-beda.

"Sebenarnya ada yang mendekati [Liliyana]. Tinggal dibentuk, seperti Melati [Daeva Oktavianti], Glo [Gloria Emanuelle Widjaja] kita bentuk dan lebih fokus mungkin ke depannya bakal beda dari sekarang. Bisa lebih dari sekarang," kata Richard kepada CNNIndonesia.com.


Saat ini, Indonesia memiliki beberapa pasang ganda campuran yang menjadi pelapis Tontowi/Liliyana. Sebut saja pasangan Praveen Jordan/Melati dan Hafiz Faizal/Gloria yang saat ini sudah masuk ke ranking 20 besar dunia.
Liliyana Natsir memutuskan pensiun sebagai pebulutangkis usai Indonesia Masters 2019.Liliyana Natsir memutuskan pensiun sebagai pebulutangkis usai Indonesia Masters 2019. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Richard menyebut Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria kini sedang dipersiapkan untuk menuju Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang. Sedangkan Tontowi bakal dipasangkan dengan pemain muda, Winny Oktaviana Kandow.

Rencananya, Tontowi/Winny bakal melakukan debutnya di tiga turnamen Eropa; Spanyol Terbuka, Jerman Terbuka dan All England. Hasil di tiga turnamen itu akan dipantau dan evaluasi untuk mengetahui langkah ke depannya.

"Winny atlet masih muda, kuat dan prospeknya bagus ke depan. Gloria sudah sama Hafiz, Melati sama Ucok [Praveen] dan rangkingnya sudah masuk 16 besar. Kalau kita acak lagi, buat masuk ke olimpiade susah. Sekarang kita fokus Tontowi/Winny mencari ranking yang setinggi-tingginya," tutur Richard. (TTF/bac)