5 Rekan Lionel Messi yang Sangat Klop di Barcelona

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 23:57 WIB
5 Rekan Lionel Messi yang Sangat Klop di Barcelona Jordi Alba dan Luis Suarez disebut sebagai rekan terbaik Lionel Messi. (REUTERS/Juan Medina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seorang Lionel Messi dipercaya bisa memberikan performa terbaiknya di lapangan hijau bersama Barcelona berkat bantuan dari pemain yang ada di sekelilingnya. Berikut lima pemain yang masih dan pernah menjadi rekan terbaik Messi di Barcelona.

Saat ini, Messi sudah mencetak 323 kemenangan di Liga Spanyol. Ia berkontribusi dalam 106 gol saat tampil bersama Barcelona di Liga Champions. Rentetan prestasi individu yang dibuat Messi tak bakal terjadi jika ia tidak dibantu rekan-rekan satu timnya.

Kerja sama apik antara Messi dan teman-teman satu timnya membuat kekompakan di antara mereka terbangun dengan baik. Efeknya, komunikasi di lapangan berjalan lancar yang berdampak pada pancapaian prestasi seorang Messi.

Berikut lima rekan terbaik Messi di Barcelona seperti dikutip Sportskeeda:


1. Jordi Alba

Bek Barcelona itu menjadi teman yang paling dibutuhkan Messi di lapangan dalam beberapa tahun terakhir. Terutama setelah Neymar memutuskan hijrah ke Paris Saint-Germain.

Jordi Alba masih menjadi rekan terbaik Lionel Messi di Barcelona. (Jordi Alba masih menjadi rekan terbaik Lionel Messi di Barcelona. (Foto: AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Kepergian Neymar memberikan banyak manfaat buat Messi yang telah mencetak 20 gol dari umpan yang diberikan Alba. Hal ini menjadikan Alba sebagai pemain ketujuh yang sering hadir di pertandingan Barcelona untuk menjadi pelayan Messi.

2. Ronaldinho

Jika melihat kronologi daftar rekan setim yang dimiliki Messi sepanjang kariernya, nama Ronaldinho ada di urutan teratas. Tak hanya memberikan dukungan di dalam ruang ganti, Ronaldinho juga membantu Messi saat menjalani debut.

Ronaldinho pindah ke AC Milan pada 2008 usai di Barcelona. (Ronaldinho pindah ke AC Milan pada 2008 usai di Barcelona. (Foto: AFP PHOTO/LLUIS GENE)
Bahkan, pemain asal Brasil itu selalu teringat bahwa gol resmi pertama yang dibuat Messi berasal dari umpannya. Usai dari Barca, Ronaldinho hengkang ke AC Milan pada 2008.

3. Dani Alves

Kaitan gol yang dibuat Messi dan Alves tak bisa diragukan. Selama delapan tahun di Barcelona, Alves membantu Messi di 42 pertandingan.

Dani Alves pernah menjalani masa-masa indah bersama Lionel Messi. (Dani Alves pernah menjalani masa-masa indah bersama Lionel Messi. (Foto: REUTERS/Francois Lenoir)
Di Barcelona, Alves menempati peringkat ketiga pemain yang selalu hadir di setiap pertandingan di bawah Messi. Sedangkan Andres Iniesta menempati peringkat kedua. Ia kemudian hijrah ke klub Liga Jepang, Vissel Kobe, pada 2018.

4. Luis Suarez

Selain menjadi rekan kerja terbaik di lapangan, pesepakbola asal Uruguay, Luiz Suarez juga menjalin hubungan persahabatan dengan Messi dan keluarganya. Suarez sedikitnya telah membantu memberikan assist untuk 46 gol yang dibuat Messi.

5 Rekan Terbaik Lionel Messi di BarcelonaLuis Suarez jadi kombinasi berbahaya di lini depan Barcelona bersama Lionel Messi. (REUTERS/Albert Gea)
Jumlah itu dipercaya bakal terus bertambah dalam jangka pendek maupun menengah. Keduanya masih berpasangan di lini depan Barcelona.

5. Xavi Hernandez

Xavi Hernandez menjadi pemain yang tak kalah pentingnya dalam karier Messi di lapangan. Xavi pernah memberikan assist di beberapa gol penting dalam karier Messi.

Xavi Hernandez (tengah) pernah memanjakan Messi melalui umpan-umpan manisnya. (Xavi Hernandez (tengah) pernah memanjakan Messi melalui umpan-umpan manisnya. (Foto: AFP PHOTO / JOSEP LAGO)
Salah satunya seperti gol yang dicetak Messi saat Barcelona jumpa Manchester United di final Liga Champions 2009. Xavi kemudian merapat ke klub Liga Qatar Al Sadd pada 2015. (TTF/nva)