Cak Imin Ingin Pimpin PSSI, Menpora Serahkan ke Pemilik Suara

CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 21:58 WIB
Cak Imin Ingin Pimpin PSSI, Menpora Serahkan ke Pemilik Suara Imam Nahrawi menyambut baik keinginan Muhaimin Iskandar memimpin PSSI. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi menyambut baik niatan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin untuk menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Cak Imin kali pertama menyatakan keinginannya memimpin PSSI melalui akun Twitter, Selasa (22/1). Ia optimistis bisa membawa sepak bola Indonesia berprestasi jika menjadi Ketua Umum PSSI, jabatan yang baru saja dilepas Edy Rahmayadi dalam kongres di Bali pada Minggu (20/1).

"Bagus lah, alhamdulillah. Kan [Cak Imin] sudah lama tulis tentang sepak bola, coba lihat buku-bukunya," kata Imam kepada CNNIndonesia.com setelah konferensi pers peluncuran kompetisi e-sports tingkat sekolah di Wisma Menpora pada Selasa (29/1).


Selain lewat twitter, Cak Imin sempat mengutarakan keinginan merevolusi PSSI ketika ditanya oleh wartawan di kompleks parlemen.

Imam juga menilai lulusan santri seperti sosok mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi itu memiliki kompetensi menduduki kursi PSSI 1. Kendati demikian Imam memahami pemilik suara PSSI yang akan menentukan pemimpinnya kelak.

Cak Imin Ingin Pimpin PSSI, Menpora Serahkan ke Pemilik SuaraMuhaimin Iskandar mengutarakan keinginan memimpin PSSI. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
"Lho, apa yang salah [dengan lulusan santri]? Masa kalau santri tidak boleh jadi ketua PSSI?" ucap Imam.

"Apalagi beliau pengamat sepak bola yang sudah lama sekali ya. Tapi tentu kembali ke voters [pemilik suara PSSI] nantinya ya," ucapnya menambahkan.

Lebih lanjut, Imam juga berpendapat tentang kriteria ketua umum yang harus dimiliki pemimpin PSSI berikutnya.

"Harus lahir batin cinta sepak bola, dan harus mengerti sepak bola adalah alat pemersatu negeri ini. Sehingga harus punya komitmen untuk mengakhiri panceklik sepak bola di level SEA Games paling tidak," katanya.

Sebelumnya, Imam juga mengapresiasi dukungan publik kepada Erick Thohir untuk memimpin PSSI. (map/nva)