Kalahkan UEA 4-0, Qatar Jumpa Jepang di Final Piala Asia 2019

nva, CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 22:57 WIB
Kalahkan UEA 4-0, Qatar Jumpa Jepang di Final Piala Asia 2019 Qatar pesta gol ke gawang UEA dalam semifinal Piala Asia 2019. (REUTERS/Suhaib Salem)
Jakarta, CNN Indonesia -- Qatar menang 4-0 dalam laga semifinal Piala Asia 2019 ketika berhadapan dengan tuan rumah Uni Emirat Arab di Stadion Mohammed Bin Zayed, Abu Dhabi, Rabu (30/1).

Qatar yang bermain di bawah tekanan pendukung tuan rumah mendominasi penguasaan bola pada menit-menit awal pertandingan.

Tendangan kencang Salem Al Hajri dari luar kotak penalti yang ditangkap Khalid Eisa Bilal pada menit ke-12 menjadi peluang pertama Qatar.


Sebuah serangan balik mengawali proses gol perdana Qatar. Boualem Khoukhi yang menggiring bola dari tengah lapangan berhasil masuk ke kotak penalti. Tendangan kaki kanan Khoukhi dapat diantisipasi Bilal, namun bola lolos dari tangkapannya. Skuat Al Annabi unggul 1-0 pada menit ke-22.

Lima menit berselang Ismail Al Hammadi melepas tandukan ke gawang Qatar, namun bola mengarah ke tangkapan Saad Al Sheeb.

Qatar menggandakan keunggulan pada menit ke-37. Ujung tombak andalan Almoez Ali yang dikerumuni tiga pemain UEA masih mampu menggiring bola memasuki kotak penalti dan melepaskan tembakan. Bola sempat mengenai tiang jauh dan masuk melewati garis gawang.

Kalahkan UEA 3-0, Qatar Jumpa Jepang di Final Piala Asia 2019Almoez Ali menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Asia 2019 dengan delapan gol. (REUTERS/Suhaib Salem)
Pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-52, UEA mencoba merespons ketertinggalan lewat tembakan jarak jauh pemain bintang Ali Mabkhout yang masih mampu ditepis Al Sheeb.

Peluang Ismail Matar pada menit ke-69 juga tak menemui sasaran setelah bola tendangannya diblok Khoukhi.

UEA terus memberi tekanan, termasuk melalui umpan Bandar Mohammed yang disundul Ahmed Khalil. Tepisan Al Sheeb membuat Qatar tetap tidak kebobolan.

Kelengahan lini belakang UEA dalam menggalang pertahanan harus dibayar dengan gol Hassan Al Haydos. Menerima bola liar, Al Haydos menggiring bola dan berhadapan satu lawan satu dengan Bilal sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang mengubah angka di papan skor menjadi 3-0 pada menit ke-80.

Ketika waktu tambahan pada babak kedua memasuki menit ketiga Hamid Ismaeil memperbesar keunggulan Qatar atas UEA.

Pada laga final yang akan berlangsung Jumat (1/2), Qatar akan berhadapan dengan Jepang yang merupakan negara tersukses di Piala Asia dengan koleksi empat gelar juara.

Susunan pemain inti Qatar:
Saad Al Sheeb; Boualem Khoukhi, Assim Omer Madibo, Pedro Correia, Abdelkarim Hassan, Tarek Salman, Salem Al Hajri, Hasan Al Haydos, Karim Boudiaf, Ahram Hassan Afif, Almoez Ali.

Susunan pemain inti Uni Emirat Arab:
Khalid Eisa Bilal; Ismail Ahmed, Fares Juma Al Saadi, Khamis Esmaeel, Walid Abbas Murad, Ismail Al Hamadi, Ali Hassan Salmin, Saif Rashid, Amer Abdulrahman, Bandar Mohammed, Ali Ahmed Mabkhout. (nva/nva)


BACA JUGA